Teh Bunga Telang, Jadi Salah Satu Produk Unggulan Lokal di Kota Pekalongan

Teh Bunga Telang, Jadi Salah Satu Produk Unggulan Lokal di Kota Pekalongan

Produk- Produk Unggulan teh bunga Telang dari Kelurahan Bandengan Kota Pekalongan.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tanaman Telang menjadi tanaman yang bunganya berwarna biru yang dipercaya memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat jika dikonsumsi. Selain mudah tumbuh di halaman rumah, tanaman Bunga Telang juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat termasuk Kelompok Kerja Perubahan Iklim (Pokja Pi) Kelurahan Bandengan, Kota Pekalongan.

Melalui Pokja Pi ini mereka membudidayakan tanaman telang untuk dijadikan minuman teh tradisional.

BACA JUGA:Pembangunan Jalan Sigedong-Sawangan Tegal Minta Dilanjutkan

"Kelurahan Bandengan sendiri memiliki beberapa produk unggulan. Dan diutamanya pada produk Teh Bunga Telang," Ungkap Ketua Pokja Pi Kelurahan Bandengan, Yuliana Sri Rejeki, (28/4/2024).

Sebagai salah satu wilayah pesisir Kota Pekalongan yang dulu terdampak banjir rob akibat perubahan iklim, menghasilkan produk olahan pangan ini menjadi salah satu upaya masyarakat Bandengan untuk bisa tetap eksis berinovasi di tengah kondisi tersebut.

BACA JUGA:Gelaran Honda Premium Matic Day Solo Dipadati Pengunjung

"Produk teh bunga Telang sendiri sudah lama sebenarnya di budidayakan disini. Namun akibat sering terkena banjir, sehingga sering terkendala untuk prosesnya. Sempat aktif produksi di tahun 2022 namun terkendala kembali dengan kondisi banjir sehingga sempat terhenti," terangnya.

Menurut Yuliana, masyarakat Bandengan mulai aktif mengembangkan minuman dari tanaman telang karena banyak manfaatnya. Diantaranya  sebagai antioksidan, penghilang stress, penambah imunitas, penghambat penuaan diri hingga menurunkan tekanan darah dan lainya.

BACA JUGA:4 Cara Membersihkan Make Up Tebal dengan Bahan Alami, Salah Satunya Pakai Minyak Zaitun

Pihaknya juga mengatakan Teh Telang yang dikembangkan juga aman untuk dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan pengawet. Dan untuk harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, dalam kemasan kecil mulai Rp10.000.

Walaupun sejauh ini diakui Yuliana, untuk pemasaran sendiri belum mampu berjalan secara efektif. Dan hanya bisa sekedar untuk di konsumsi secara pribadi ataupun pesanan saja.

BACA JUGA:5 Krim Penghilang Flek Hitam Bekas Jerawat Paling Ampuh, Bikin Wajah Mulus dan Cerah Merata Tanpa Noda

"Tahun ini belum bisa efektif secara produksi akibat ketersediaan bahan baku yang terhambat akibat cuaca. Sehingga pemasaran masih di sekitar lingkungan masyarakat saja atau sekedar konsumsi pribadi," jelas dia.

Meski demikian, pihak Pokja Pi Kelurahan Bandengan selalu berharap kedepan produk unggulan teh bunga Telang ini bisa segera bisa di produksi secara meluas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: