Ternyata Mudah, Begini Cara Menjaga agar Kipas Angin Menjadi Awet Meski Dipakai Setiap Hari

Ternyata Mudah, Begini Cara Menjaga agar Kipas Angin Menjadi Awet Meski Dipakai Setiap Hari

Cara merawat kipas angin menjadi awet meski digunakan setiap hari.-Bing Image Creator -

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ternyata ada cara untuk membuat kipas angin menjadi awet, dan bisa dipakai dalam waktu yang lama. Caranya juga mudah, dan siapa saja pasti bisa.

Pada cuaca panas seperti yang sering terjadi saat ini, keberadaan AC ataupun kipas angin, pastilah sangat dibutuhkan oleh siapa saja, termasuk saat beraktivitas.

Namun seringkali kipas angin yang kita punya, mengalami kerusakan dan tidak bisa berputar lagi, sehingga menjadi tidak bermanfaat.

Kondisi tersebut ternyata bisa disebabkan akibat kelalaian kita dalam menjaga kondisi kipas angin yang biasanya dipakai selama berjam-jam.

Nah karena itulah, penting bagi kamu untuk mengetahui cara merawat agar kipas angin menjadi awet dan tidak cepat rusak, meskipun dipakai setiap hari.

Cara Merawat Kipas Angin agar Awet

Seperti yang kita kita ketahui, cara kerja kipas angin adalah memberikan tiupan angin yang dihasilkan dari perputaran baling-baling yang digerakan oleh motor listrik.

Baling-baling menyedot angin dari bagian belakang, kemudian mengalirkannya ke bagian depan dengan kekuatan lebih kuat, sesuai kecepatan berputarnya.

Pada saat menyedot angin dari bagian belakang itulah, tak jarang kotoran kecil atau debu yang berterbangan ikut terhisan. debu tersebut ada yang ikut tertiup ataupun mengangkut pada baling-baling atau bagian belakang kipas angin.

Jika dibiarkan, lama kelamaan baling-baling ataupun pengaman bagian depan akan dipenuhi oleh debu yang menumpuk. Termasuk juga pada bagian belakang, atau motor listrik yang berfungsi untuk memutar baling-baling.

Kotoran atau debu yang menumpuk itulah yang bisa menjadi salah satu penyebab kipas angin mengalami kerusakan, salah satunya tidak bisa berputar.

Kondisi tersebut bisa disebabkan perputaran motor listrik menjadi berat akibat menumpuknya debu, hingga akhirnya baling-baling kipas tidak berfungsi.

Karena itulah, salah satu cara merawat agar kipas angin menjadi awet adalah dengan membersihkan secara teratur kotoran atau debu yang menempel pada bagian motor listrik ataupun baling-baling.

Caranya juga sangat mudah, cukup dengan membuka bagian penutup motor listrik, kemudian dibersihkan seluruh bagiannya menggunakan kuas bersih dan lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: