2 Pelajar Kabupaten Pekalongan Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Jateng Tahun 2024

2 Pelajar Kabupaten Pekalongan Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Jateng Tahun 2024

Dua pelajar yang lulus seleksi tingkat kabupaten berpamitan dengan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho untuk ikuti seleksi paskibraka tingkat provinsi Jateng.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dua pelajar asal Kabupaten Pekalongan ikuti seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Jawa Tengah tahun 2024. 

Kedua pelajar itu ialah Nova Arya Dinata (16), pelajar kelas X SMAN 1 Kedungwuni dan Balqis Nurul Latifah (15), pelajar kelas X SMAN 1 Doro.

Keduanya akan mengikuti seleksi di Semarang selama tiga hari. Seleksi dilaksanakan di Front One HK Resort, Selasa (14/5/2024) hingga Kamis (16/5/2024). Kedua pelajar ini kemarin berpamitan dan minta doa restu ke Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho di kantornya, Senin, 13 Mei 2024.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho mengatakan, kedua pelajar itu akan mengikuti seleksi Paskibraka tingkat provinsi selama tiga hari. Ia pun mendoakan agar keduanya bisa lolos seleksi. Apalagi, perwakilan dari Kabupaten Pekalongan selama ini belum pernah menjadi Paskibraka tingkat provinsi.

"Ikuti dengan baik tahap seleksinya. Seleksinya sebenarnya sama dengan seleksi tingkat kabupaten tapi mungkin lebih ketat karena kompetitor kalian bukan lagi skala kabupaten tapi provinsi. Tingkatkan terus kemampuan, lebih diupgrade lagi. Jangan lupa berdoa," ujar Haryanto.

Baca juga:321 Orang Ikuti Seleksi Paskibraka Kabupaten Pekalongan 2024

Nova Arya Dinata dan Balqis Nurul Latifah merupakan putra-putri terbaik Kabupaten Pekalongan yang lulus seleksi Paskibraka tingkat kabupaten. Dari 320 peserta, keduanya terpilih menjadi 27 anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Pekalongan tahun 2024.

Seleksinya pun tak mudah. Keduanya harus bersaing dengan 320 peserta lainnya. Nova dan Balqis harus lolos seleksi administrasi, kesehatan, wawasan kebangsaan, intelegensia umum, PBB dan samapta, dan seleksi kepribadian, minat dan bakat.

"Seleksi di tingkat provinsi pun hampir sama. Mereka akan mengikuti tahapan seleksi tes wawasan kebangsaan dan intelegensia umum, tes kesehatan dan parade, tes PBB, tes samapta, tes kepribadian, dan pemantauan akhir," kata Haryanto.

Ditambahkan, untuk pembinaan kepada mereka melibatkan pemerintah daerah, TNI, Polri dan purna Paskibraka. Dari pemda, misalnya, ada dari unsur kesehatan, dan Kesbang diantaranya memberikan pembinaan tentang wawasan kebangsaan dan Pancasila. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: