Masih Pandemi, Giat Perayaan HUT RI Dibatasi

Masih Pandemi, Giat Perayaan HUT RI Dibatasi

PONCOL - Memperingati HUT RI ke-75, Kelurahan Poncol memilih membatasi perayaan yang mengundang keramaian dan mengalihkannya dengan giat positif seperti kerja bakti membersihkan lingkungan. Hal itu sebagai tindak lanjut atas himbauan Pemkot Pekalongan yang meminta perayaan kemerdekaan tahun ini tidak mengumpulkan banyak orang dan tetap mengindahkan protokol kesehatan, oleh sebab masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Meski demikian, warga Poncol tetap antusias menyambut even tahunan ini dengan begotong royong membersihkan dan mempercantik lingkungan dengan berbagai atribut kemerdekaan.

"Untuk acara 17 Agustus yang biasanya diperingati dengan seremonial atau biasanya tasyakuran, kita sudah menyampaikan atau menginformasikan kepada RT maupun RW bahwasanya sampai saat ini pandemi covid masih belum berakhir. Sehingga untuk hal-hal yang sifatnya mengumpulkan masyarakat banyak itu ditunda," ungkap Sekretaris Kelurahan Poncol, Hartini Wikatiningsih, saat ditemui di kantornya, Senin (10/8/2020).

Dijelaskan Hartini, bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga melalui RT dan RW agar tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menciptakan dan mengundang kerumunan banyak orang. Kalaupun ada kegiatan lomba atau sejenisnya, harus mendapatkan izin dari kepolisian.

"Sebenarnya masyarakat itu tetap menginginkan seperti itu, tetapi sebagai aparat kita tetap mengikuti prosedur yang berlaku, apapun itu. Jadi kita tetap memberikan himbauan kepada masyarakat, tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul terlebih dahulu," jelasnya.

Sebaliknya, lanjut dia, warga tetap dihimbau untuk menjaga kebersihan, kerja bakti, tetap memasang umbul-umbul, kemudian bendera dan pernak-pernik lainya. Bahkan, masyarakat juga tetap diimbau mengikuti upacara bendera dari rumah dengan menyaksikan televisi, kemudian diharapkan masyarakat tetap hormat bendera seperti edaran yang dikeluarkan oleh Pemkot Pekalongan.

"Kalau kebersihan itu wajib, karena setiap tahun setiap kali mau 17-an ada gerakan kebersihan. Selain itu, ini kan ulang tahunnya bangsa Indonesia, kalau ngga kita yang memperingati siapa lagi. Kalau kita melihat lingkungan kita bersih, nyaman dan indah, itu kan menunjukkan kita orangnya bersih," tutupnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: