Masih Penyempurnaan, Batang Command Center Segera Diresmikan

Masih Penyempurnaan, Batang Command Center Segera Diresmikan

BATANG - Digadang-gadang sebagai ikon smart city, Batang Command Center saat ini masih terus disempurnakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat. Rencananya, pusat manajemen informasi berbasis online itu akan diresmikan sebagai kado HUT Batang ke-54, awal April mendatang.

"Ini masih proses maintenance, masih terus kita sempurnakan, termasuk penataan lingkungannya. Insya Allah, 8 April nanti akan diresmikan Pak Bupati," ungkap Kepala Diskominfo Batang, Jamal Abdul Naser, Rabu (4/3/2020), di kantornya.

Menurut Jamal, Command Center nantinya akan mengintegrasikan seluruh layanan informasi hingga pengaduan, melibatkan seluruh OPD hingga instansi vertikal seperti Polres Batang. Beberapa layanan yang disiapkan, antara lain Public Safety Center (PSC) 119 si Slamet milik Dinkes, aplikasi lapor, hingga call center 112.

"Call center 112 ini kan memang kebijakan nasional untuk kabupaten/kota. Untuk Jawa Tengah, kita akan menjadi daerah keempat setelah Kota Semarang, Grobogan, dan Kota Pekalongan. Alhamdulillah, untuk pembiayaannya nanti ditopang CSR perusahaan Jakarta yang telah ditunjuk Kementerian Kominfo selama setahun ini," terangnya.

Tak hanya itu, Command Center juga nantinya bisa diakses untuk laporan insiden kecelakaan lalu lintas hingga kebakaran. Laporan dari warga selanjutnya akan diforward ke OPD/instansi pemangkunya. "Bahkan, kalau Dishub siap, nanti layanan ATCS (Area Traffic Control System) juga bisa kita siapkan. Tak hanya itu, aduan soal sampah dan sejenisnya juga bisa terintegrasi di Command Center ini," ujar Jamal.

Jamal mengaku bersyukur, bahwa di tengah keterbatasan daya dukung yang ada, kinerja Pemkab Batang dalam implementasi smart city cukup banyak prestasi. Untuk menyebut di antaranya, tahun ini aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Batang mengalami kenaikan skor dan menjadi kedua terbaik nasional. "PPID kita juga berprestasi, dan tentu Command Center ini. Insya Allah, secara bertahap segala daya dukung yang dibutuhkan bagi pembangunan kota pintar terus kita lakukan," pungkasnya. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: