Masjid Agung Darul Muttaqin Batang Kembali Gelar Sholat Jumat

Masjid Agung Darul Muttaqin Batang Kembali Gelar Sholat Jumat

Takmir masjid Darul Muttaqin Batang sedang membersihkan lantai yang sudah ada tanda pembatas antar jamaah. (Istimewa)

BATANG - Masjid Agung Darul Muttaqin Batang melakukan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan Shalat Jumat pertama pada Jumat (12/6) setelah sekitar dua bulan tidak menggelar Sholat Jumat. Takmir masjid menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Insyaallah besok (Jumat-red) masjid Agung Darul Muttaqin akan kembali menggelar sholat Jumat," ungkap Sekertaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Batang, Farid Asror.

Farid Asror menjelaskan, pihak Takmir masjid Darul Muttaqin saat ini tengah melakukan sejumlah persiapan guna memenuhi protokol kesehatan seperti yang ditentukan pemerintah. "Sejumlah protokol kesehatan sudah disiapkan, dan kami minta jamaah bisa mentaati ketentuan yang ditetapkan pihak Takmir masjid. Hal itu dilakukan demi kepentingan kita bersama," jelas Farid Asror.

Sementara itu, pengurus Masjid Agung Darul Muttaqin, Drs Achmad Sidiq, untuk persiapan Jumatan pada 12 Juni 2020, pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang penerapan protokol kesejatan. Seperti memperbanyak tempat cuci tangan, menyiapka petugas pengukur suhu tubuh jamaah, pemasangan tanda jarak antar jamaah, papan aturan protokol covid 19, pelarangan anak-anak berjamaah serta penyediaan cadangan masker.

"Selain itu, kami juga meminta bantuan 20 anggota Banser NU untuk turut mengatur alur jamaah, baik ketika masuk, maupun penataan shof dan jarak antar jamaah. Hal itu dilakukan agar protokol physical distancing dapat terpenuhi," jelasnya.

Ditambahkan, bila nanti di dalam dan halaman masjid jamaahnya sudah penuh, maka pintu gerbang akan di tutup. "Untuk jamaah lain bisa berjamaah di jalan depan masjid dan seputar alun-alun," tandas Achmad Sidiq. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: