Gelar P5, SMPN 3 Pekalongan Hadirkan Ragam Budaya Indonesia Lewat Festival Budaya

Gelar P5, SMPN 3 Pekalongan Hadirkan Ragam Budaya Indonesia Lewat Festival Budaya

TAMPILAN - Penampilan siswa dalam bermain peran unjuk budaya masing-masing daerah--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Masih dalam rangkaian projek penguatan profil Pelajar Pancasila (P5), Usai melakukan kunjungan ke tempat ibadah yang ada disekitar kawasan sekolah, SMP Negeri 3 Pekalongan menyelenggarakan Festival Budaya Bhinneka Tunggal Ika, sabtu (18/5/2024).

Festival ini diselenggarakan sebagai upaya mengenalkan kepada siswa tentang keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, baik dari segi kuliner, seni dan pakaian tradisional. Selain itu juga untuk memupuk rasa cinta anak sebagai generasi penerus bangsa agar mereka mempunyai jiwa untuk mempertahankan budaya yang ada. 

Kepala SMPN 3 Pekalongan, Durotul Azizah menjelaskan Festival Budaya Bhinneka Tunggal Ika ini melibatkan siswa kelas 7 dan 8 yang sudah menerapkan kurikulum merdeka, dimana total yang mengikuti kurang lebih 250 siswa.

"Budaya yang ditampilkan diantaranya seperti paduan suara dengan menyanyikan lagu daerah, berbagai tari tradisional, serta drama musikal, dimana anak memilih sendiri budaya apa saja yang ingin ditampilkan dalam festival budaya tersebut," ungkap Azizah.

BACA JUGA:Strategi Peningkatan Minat Baca Civitas Akademika Universitas Pekalongan Melalui Program Duta Perpustakaan

BACA JUGA:Edukasi Orang Tua Melek Literasi Digital

Tidak hanya sebagai kegiatan P5 saja, melalui festival budaya ini juga guna menggali dan menjaring potensi dan bakat siswa untuk nantinya akan diikutkan lomba. 

"Semoga dengan adanya festival budaya ini bisa semakin memupuk rasa cinta tanah air kepada siswa, dan mengetahui beranekaragam budaya yang ada di Indonesia dan bisa lebih menghargai dan mencintainya,"pungkasnya.(Mal)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: