Inilah Sosok Guru Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan yang Alim dan Memiliki Banyak Karomah

Inilah Sosok Guru Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan yang Alim dan Memiliki Banyak Karomah

Guru Habib Luthfi Pekalongan-Facebook Sang Pemburu Hidayah-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sosok guru Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan ini memiliki banyak keistimewaan yang luar biasa.

Kealiman dan kebesaran Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan tidak lepas dari didikan para guru-guru beliau yang juga luar biasa.

Maulana Habib Luthfi dikenal memiliki banyak guru dari dalam negeri maupun luar negeri, tak heran jika beliau menjadi ulama besar.

Salah satu guru beliau yang beberapa kali diceritakan adalah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

BACA JUGA:Kisah Teladan Habib Hasyim bin Yahya Pekalongan, Kakek Habib Luthfi bin Yahya

Sosok guru Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan ini terkenal dengan kealiman dan kewaliannya yang sudah tidak diragukan lagi.

Beliau adalah Mbah Kyai Dimyati Comal, ulama penghafal Al-Qur'an yang kini dimakamkan di daerah Kedawung, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Tidak jauh dari Kota Pekalongan.

Di Pemalang, Habib Luthfi memiliki beberapa guru, di antaranya Mbah Dim Comal dan Mbah Nur Moga.

Kedua gurunya ini sering berbalas salam melalui perantara Habib Luthfi, saat beliau dari Mbah Nur akan ke Mbah Dim, maka Mbah Nur akan menitip salam ke Mbah Dim, dan begitu pula sebaliknya.

BACA JUGA:Kedekatan Habib Ahmad Al-Athas dengan Habib Hasyim bin Yahya, Kakek dari 2 Ulama Besar Asal Pekalongan

BACA JUGA:Habib Ali bin Ahmad Al-Athas Pekalongan: Tokoh Ulama Pendiri Masjid Raudhah di Pekalongan

Sebenarnya hubungan Mbah Dim dengan Habib Luthfi tidak tiba-tiba dekat begitu saja, namun Mbah Dim dahulu ternyata pernah nyantri kepada kakek Habib Luthfi, yakni Maulana Habib Hasyim bin Yahya Pekalongan.

Oleh sebab itu kata Habib Luthfi, karena takdim Mbah Dim kepada Habib Hasyim dan keturunannya, maka setiap kali akan mengijazahkan ilmu kepada Habib Luthfi beliau tidak pernah mengatakan ijazah, namun bahasa Mbah Dim mengembalikan ilmu dari Habib Hasyim pada pewarisnya atau keturunannya.

Selain pernah nyantri ke Habib Hasyim, Habib Luthfi juga mengatakan bahwa Mbah Dim sering datang ke acara maulid yang diadakan ayahnya, yakni Habib Ali bin Hasyim bin Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: