Terindikasi TB, 1 Jamaah Calon Haji Asal Gringsing Terancam Batal Berangkat Tahun Ini

Terindikasi TB, 1 Jamaah Calon Haji Asal Gringsing Terancam Batal Berangkat Tahun Ini

BERANGKATKAN - Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki saat memberangkatkan rombongan Haji kloter 36, Senin 20 Mei 2024. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-Radar Pekalongan

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Pemkab BATANG mulai melakukan pemberangkatan haji kloter 36, Senin Siang 20 Mei 2024 yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati BATANG, Lani Dwi Rejeki. Dari data Kemenag BATANG, ada satu orang jamaah calon haji dari Gringsing BATANG yang terancam tidak bisa berangkat karena sakit TB. 

Meski begitu, Namun calon jamaah haji tersebut akan tetap ditunggu hingga akhir masa pemberangkatan haji. 

"Kalau yang (terancam) gagal berangkat ada sih kemarin," kata Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki usai memberangkatkan Jamaah calon haji kloter 36. 

Jamaah calon haji itu terdeteksi menderita tuberculosis. Namun jika sudah dinyatakan sembuh oleh dokter, maka jemaah itu bisa berangkat ikut kloter 42. Saat ini tempat duduk yang kosong di Kloter 36 sudah terisi.

Pj Bupati Batang menyebut total jemaah haji Kabupaten Batang yang berangkat pada 2024 mencapai 712 jiwa. Jemaah terdiri atas kloter 36, 37, 38 dan sebagian kloter 42.

"Kloter jemaah yang paling akhir ada tambahan kuota itu masuk kloter 42, dan pada siang ini diberangkat untuk yang kloter 36 sebanyak 165 jamaah," ucapnya.

Lalu untuk kloter 37 akan diberangkatkan pada Selasa 21 Mei 2024 pukul 00.00, kemudian kloter 38 pada siang. Untuk kloter 42 jadwal menyusul.

Lani Dwi Rejeki berpesan agar para jemaah jaga kesehatan. Sebab modal utama untuk menjalankan ibadah haji di tanah suci adalah kesehatan. 

"Kalau kita sehat insyaallah bisa melakukan rukun sunah haji dengan sempurna, juga saling membantu tolong menolong kebersamaan, dengan semua jamaah khususnya dari kabupaten Batang,"ucapnya,

Di sisi lain, pemkab memberangkan lima petugas pendamping yang di isi dari bidang kesehatan, ibadah dan umum. Tugas utamanya adalah memberikan pendampingan atau bantuan pada jamaah, baik itu untuk kesehatan maupun bantuan lainnya.(Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan