Cara Sederhana dan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Dapat Dilakukan di Rumah

Cara Sederhana dan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Dapat Dilakukan di Rumah

Cara Sederhana dan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah --Youtube.com/dr. Cahyo Edukes

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini macam-macam cara sederhana dan alami untuk menurunkan kadar gula darah yang dapat dicoba di rumah.

Dipercaya bahwa untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat, kamu perlu mengubah gaya hidup dan pola makan.

Salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung.

Meskipun beberapa dari perubahan ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara alami, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum membuat perubahan signifikan pada pola makan atau gaya hidupmu.

Selain itu, kamu juga bisa menurunkan gula darah secara alami di rumah. Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mudah menurunkan kadar gula darah dengan cepat di rumah:

BACA JUGA:10 Jus yang Aman dan Efektif Menurunkan Kadar Gula Darah, Penderita Darah Tinggi Wajib Baca

BACA JUGA:Ini Dia Khasiat Kunyit yang Bermanfaat Bagi Kesehatan, Dapat Stabilkan Gula Darah Hingga Obat Kanker

1. Makan karbohidrat terakhir

Meskipun tidak mungkin melakukan ini setiap kali makan, penelitian menunjukkan bahwa makan karbohidrat setelah sayuran menyebabkan penurunan kadar gula darah setelah makan.

Para peneliti menemukan bahwa kadar gula darah secara signifikan lebih rendah ketika karbohidrat dikonsumsi pada akhir makan daripada di awal. 

2. Tingkatkan asupan serat

Serat merupakan salah satu jenis karbohidrat yang tidak dipecah dan diserap dari usus ke dalam darah. Artinya, serat yang terkandung dalam makanan kaya karbohidrat tidak meningkatkan kadar gula darah.

Serat larut dapat memperlambat pencernaan, yang berarti karbohidrat yang diserap masih masuk ke aliran darah jauh lebih lambat. Hal ini menyebabkan penurunan kadar gula darah setelah makan.

Efek ini dicatat dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 pada 50 orang dewasa sehat. Para peneliti telah menemukan bahwa menambahkan serat larut ke dalam minuman manis menyebabkan penurunan kadar gula darah total yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: