1.300 Maba Ikuti Properti Unikal

1.300 Maba Ikuti Properti Unikal

KOTA - Sebanyak 1300 Mahasiswa Baru (Maba) mengikuti Program Pengenalan Perguruan Tinggi (Properti) yang diselenggarakan oleh Universitas Pekalongan (Unikal) di Gedung Aswaja Kota Pekalongan, Senin (2/9).

PROPERTI - Suasana pemberian arahan Properti kepada Maba, terlihat para Maba mendengarkan sambutan dari Rektor Unikal. MALEKHA

Kegiatan yang mengusung tema kreasi pergerakan bakti untuk negeri ini adalah salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh Maba, sebagai upaya untuk memperkenalkan Unikal lebih dalam serta membantu mereka menghadapi masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa.

Rektor Unikal, Suryani SH Mhum, menyampaikan bahwa visi yang dibangun Unikal adalah menjadi Universitas unggulan baik dibidang teknologi dan seni yang mampu menghasilkan generasi mandiri, profesional dan berakhlak mulia ditahun 2035.

"Visi ini harus difahami dan dijalnkan bersama didalam proses tridharma Perguruan Tingggi (PT). Sehingga generasi yang lahir adalah generasi yang memiliki integritas dan independensi yang tinggi untuk meraih kesuksesan," ungkap Suryani.

Ditambahkan, visi memang tidak mudah diwujudkan namun semua telah tertuang dalam tujuh tata nilai Unikal yang kesemuanya harus dijunjung tinggi oleh civitas akademika Unikal.

"Diantara tujuh tata nilai Unikal dalam rangka mewujudukan visi yaitu, ikhlas tidak berorientasi pada materi, memiliki integritas, terbuka, memiliki loyalitas yang tinggi, serta istiqomah dalam memegang nilai-nilai kebenaran," imbuhnya.

Terlebih memasuki revolusi insdustri 4.0, generasi muda harus mampu bersaing dengan perkembangan zaman yang ekstra. Sehingga dibutuhkan ketrampilan khusus dalam menghadapi era kompetisi industri.

"Di era revolusi industri 4.0 ini, paling tidak kita harus memiliki 3 kemampuan untuk bisa bertahan yaitu kemampuan literasi terutama literasi digital, kemampuan ilmu pengetahuan serta kemampuan berkomunikasi yang baik untuk bisa mengantarkan pada kesuksesan," ujar Suryani.

Sementara itu, Ketua pelaksana Properti Ahmad Rozi menambahkan bahwa kegiatan Properti akan berlangsung selama 4 hari sesuai jadwal yang sudah diberikan oleh pihak Universitas.

Menurutnya, setidaknya ada berbagai kegiatan menarik yang mampu menjadi bekal para mahasiswa dalam menjalankan masa transisi yang akan ia lewati, mulai dari penataan kemampuan secara akademis maupun non akademis.

"Kita ada materi all about Unikal, kemudian dari BNN, tanggung jawab sebagai mahasiswa, pentas seni serta penataan kemampuan bahasa inggris jadi semacam seperti Toefl," terangnya.

Ahmad Rozi berharap, dengan adanya kegiatan Properti bisa mengenalkan mahasiswa baru tentang PT sehingga merek bisa lebih cepat menyesuaikan diri dan menjadikannya mahasiswa aktif. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: