Jadi Pusat Pendidikan di Batang, Kecamatan Bandar Mulai Benahi Tata Ruang Publik

Jadi Pusat Pendidikan di Batang, Kecamatan Bandar Mulai Benahi Tata Ruang Publik

Pembangunan Tata Ruang Publik di Kecamatan Bandar-IST-IST

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Kecamatan Bandar Kabupaten Bayang telah menjadi pusat pendidikan di Kabupaten BATANG. Hal ini lantaran di kecamatan ini sudah didirikan beberapa kampus dari Perguruan tinggi, hingga pondok pesantren ternama. 

Untuk menunjang kenyamanan masyarakat sekitar, Kecamatan Bandar mulai berbenah. Salah satu langkah awalnya adalah dengan perencanaan pembangunan alun-alun atau ruang terbuka hijau di eks lapangan bola Ampera. 

“Pada tahun 2025, kami memiliki program yang menggunakan dana PIK secara khusus untuk membangun alun-alun Bandar," ujar Camat Bandar, Muhammad Nasaruddin, Selasa 28 Mei 2024. 

Dijelaskannya anggaran senilai Rp1,3 miliar dirasa masih kurang. Meski demikian, ia menyakini Pj Bupati, Pj Sekda dan para Anggota DPRD akan memenuhi kebutuhan di tahun 2025.

Alun-alun Bandar diharapkan akan menjadi daya tarik bagi masyarakat, sehingga penataannya harus dilakukan dengan serius. Apalagi Kecamatan Bandar merupakan penghasil hasil bumi. 

BACA JUGA:Siap Sambut Investor, Pemkab Batang Pastikan Keamanan Kawasan Industri

"Oleh karena itu, dalam waktu dekat ada sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana pengembangan alun-alun ini,"ungkapnya. 

Terkait gambaran Detail Engineering DesIgn (DED) alun-alun Bandar, pihak berwenang belum memiliki informasi yang pasti, karena yang membuatnya adalah dinas teknis.

“Alun-alun akan menjadi lebih hidup jika ada kegiatan kuliner. Namun, tetap harus mematuhi aturan dan regulasi terkait jam operasional usaha,” tambahnya.

BACA JUGA:Implementasikan Link and Super Match, SMK NU Bandar Batang Jadi Mitra Nasmoco Goes to School

Meskipun pemebangunan alun - alun akan berlangsung di tahun 2025, Kecamatan Bandar telah memulai langkah-langkah seperti penataan trotoar di depan kantor Kecamatan. 

“Insya Allah, pada akhir Desember tahun ini, akan ada tambahan trotoar di depan kantor Telkom, serta pelebaran jalan di sebelah gedung NU. Dengan alokasi anggaran sekitar Rp300 juta melalui dana PIK,” ungkap Camat.

BACA JUGA:Peringati Hari Jamu Nasional, Pelajar SDN Tambahrejo 02 Bandar Dikenalkan Seluk Beluk Jamu

Bandar telah diprogram sebagai kota pendidikan dan pusat ekonomi karena keberadaan PSDKU UNDIP, Ponpes Tazzaka, serta kantor-kantor pemerintahan dan perbankan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan