Wahana Edukasi Sejarah dan budaya Indonesia, Inilah 3 Museum di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Wahana Edukasi Sejarah dan budaya Indonesia, Inilah 3 Museum di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Museum Batik Pekalongan-review.bukalapak-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut rekomendasi 3 museum di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi, mendapat banyak pengetahuan dan pengalaman dengan tarif cukup terjangkau.

Peran museum tentunya sangat penting bagi sebuah bangsa dan setiap daerah pada khususnya, sebab museum bertugas menyimpan, mengabadikan, dan memberikan edukasi pada masyarakat tentang apa yang mereka koleksi.

Pada umumnya apa yang dikoleksi museum merupakan benda-benda bersejarah atau yang berkaitan dengan jati diri sebuah bangsa dan daerah tersebut.

Sejarah adanya museum diawali pada abad pertengahan, yakni saat para biarawan dan rohaniawan di Eropa antusias dengan benda-benda kuno.

BACA JUGA:Koleksi Terbaru! 4 Arca Hadir di Museum Batik Pekalongan, Siap Sambut Pengunjung Libur Akhir Pekan Ini

Kemudian dilanjutkan pada masa renaissance yang memicu berkembangnya ilmu pengetahuan, sehingga memunculkan keinginan kaum bangsawan untuk mengumpulkan benda-benda antik dan bersejarah.

Saat ini di Indonesia sendiri ada banyak museum yang telah berdiri di berbagai daerah, hal ini tentu sangat baik untuk pelestarian sejarah dan budaya yang ada di setiap daerah tersebut.

Di antara banyaknya museum yang ada di Indonesia, artikel ini akan mengajak Anda untuk melihat 3 museum di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi.

1. Museum Sangiran

Museum yang pertama adalah museum yang akan membawa Anda pada zaman purbakala di Nusantara, tepatnya yang ditemukan di Situs Purbakala Sangiran.

BACA JUGA:Fosil Manusia Purba Indonesia yang Paling Terkenal di Dunia, Masterpiece Situs Purbakala Sangiran

BACA JUGA:Situs Arkeologi Pekalongan: Arca Yoni yang Menakjubkan di Situs Nagapertala dari Masa Majapahit

Situs Purbakala Sangiran terletak di antara 2 kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar.

Di situs ini terdapat banyak temuan fosil-fosil purbakala yang meliputi fosil manusia purba, fosil binatang, dan fosil tumbuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: