Mega Pertemukan Prabowo - Puan, Isyarat ke Arah Koalisi 2024

Mega Pertemukan Prabowo - Puan, Isyarat ke Arah Koalisi 2024

Meski pemilihan presiden baru berlangsung 2024, komunikasi politik di antara para elite terus digalang. Pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, didampingi Puan Maharani dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, merupakan isyarat ke arah koalisi tersebut.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan kemungkinan koalisi kedua partai tersebut sangat terbuka. Soal kemungkinan koalisi di 2024 sangat terbuka. Apalagi, PDIP dan Gerindra punya sejarah pertemanan yang panjang.

"Pertemuan di Istana Kepresidenan sebagai bentuk silaturahmi yang terus dijaga Prabowo dengan tokoh politik lainnya. Apalagi Gerindra dan PDIP pernah kerja sama pada pemilu tahun 2009 silam," tutur Habiburokhman, dikutip Senin (22/11/2021).

Pertemuan itu diketahui terjadi di sela-sela pelantikan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Rabu 17 November 2021. Prabowo dan Puan terlibat dalam pertemuan hangat di ruangan VVIP Istana Kepresidenan, Jakarta, diketahui dari foto yang beredar di sejumlah media.

Adanya pertemuan tersebut mengisyaratkan kemungkinan terjadinya koalisi dua partai politik yakni Gerindra dan PDIP.

Ketika ditanya apa pembahasan pertemuan dua petinggi partai politik tersebut, Habiburokhman enggan menyebut secara gamblang.

"Pertemuan tersebut adalah silaturahmi yang amat baik dan selama ini selalu terjaga dengan baik," ujarnya.

Pertemuan di Istana

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menjelaskan adanya pertemuan tersebut, kata dia pertemuan itu berlangsung di ruang VVIP Istana Kepresidenan secara hangat setelah keduanya bersalam sapa.

"Pada saat saya mendampingi Ibu Megawati saya lihat Pak Prabowo berjalan cepat menuju tempat bu Mega. Lalu saya sampaikan ke Ibu, ada Pak Prabowo. Ibu Mega lalu menunggu, bersalam sapa dengan hangat, dan kemudian masuk ke ruangan VVIP bersama dengan Mas Pramono Anung dan saya dampingi," kata Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengungkapkan, dalam pertemuan itu, banyak hal yang didiskusikan antara Prabowo dan Megawati serta Puan Maharani.

Satu di antaranya kata dia, terkait dengan pelaporan Hasto mengenai Kuliah Umum yang disampaikan Prabowo di Universitas Parahyangan.

"Hal ini mengingat Ibu Megawati sebagai guru besar dari Universitas Pertahanan juga menaruh perhatian besar terhadap pertahanan, dan temanya pas dengan momentum pelantikan Panglima TNI dan KASAD," beber Hasto.

Tak hanya itu, Puan Maharani juga terlibat dalam diskusi tersebut yang menurut Hasto menambah kehangatan dalam diskusi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: