10 Kelebihan Plafon Gypsum untuk Rumah Anda

10 Kelebihan Plafon Gypsum untuk Rumah Anda

Pemasangan atap menggunakan plafon gypsum merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya bahan satu ini mempunyai banyak kelebihan dari lainnya. Rumah maupun bangunan lainnya yang menggunakan plafon jenis ini tampak lebih indah, elegan dan juga modern. Selain itu suasana di dalamnya pun terasa lebih sejuk.

Tidak sedikit kontraktor yang merekomendasikan penggunaan gypsum sebagai plafon pada kliennya. Kelebihannya yang tidak dimiliki oleh bahan lain menjadikannya sebagai pilihan terbaik. Peran plafon bagi sebuah bangunan sangat penting. Bukan hanya sebagai penutup bagian atas, tetapi juga berpengaruh pada keindahan dan kenyamanannya.

Keunggulan Plafon Gypsum dari Bahan Lain

Sebelum mulai untuk membangun rumah, sebaiknya memikirkan setiap detail dan bahan yang akan digunakan. Hal ini berpengaruh pada lama pengerjaan, biaya yang harus disiapkan dan kenyamanan penghuninya.

Setiap konsep bangunan membutuhkan bahan yang berbeda. Jika ingin menampilkan kesan modern, minimalis namun tetap elegan, plafon gypsum merupakan pilihan untuk atap yang paling tepat. Benarkah bahan ini paling bagus dari jenis lain? Berikut kelebihannya.

  1. Harga lebih murah

Pertimbangan pertama sebelum membeli plafon adalah harganya. Ini sangat penting karena budget pembuatan rumah bisa menjadi lebih besar apabila salah memilih. Harga gypsum jauh lebih terjangkau dari bahan lain dengan kualitas yang bagus. Pembuatan rumah bisa menjadi lebih hemat namun tetap sesuai keinginan.

  1. Pemasangan cepat

Setiap lembar plafon mempunyai ukuran yang cukup sehingga waktu pemasangan lebih cepat. Berbeda dengan jenis lain yang setiap itemnya berukuran kecil, untuk pemasangan luas tertentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini berhubungan dengan biaya secara keseluruhan. Semakin lama pengerjaan, maka biaya tenaga kerja bertambah banyak.

  1. Terlihat rapi dan bersih

Rumah yang menggunakan gypsum sebagai plafon akan terlihat rapi. Permukaannya yang halus menjadikan atap menjadi lebih menarik. Sambungan antar plafon juga tidak kelihatan, bahkan terlihat seperti menggunakan lembaran seluas ruangan tersebut.

Gypsum dapat menahan debu dan kotoran lain dari atap dengan sempurna. Ruangan akan tetap bersih karena kotoran yang berasal dari langit-langit tidak turun ke lantai, tetapi tertahan sempurna oleh plafon gypsum.

  1. Mudah untuk diwarnai

Kelebihan lain dari plafon dari bahan gypsum adalah mudah untuk diwarnai. Pemilik rumah dapat memilih warna dari lembut, terang, bahkan mengkombinasikan dengan mudah. Proses pengecatan juga cepat karena bahan ini mudah untuk menyerap cat. Warna tersebut akan melekat kuat dan tahan lama. Ruangan pun akan terlihat lebih menarik dan nyaman.

  1. Tahan api

Bahan gypsum terbuat dari yang tahan api sehingga aman. Keputusan memilih bahan ini merupakan hal yang tepat mengingat keamanan sangat penting. Dengan bahan yang tahan api, jika terjadi percikan tidak akan mudah menyebar sehingga dapat menghindari musibah yang mungkin terjadi.

  1. Banyak motif dan desain

Berbeda dengan bahan lain yang tersedia dengan motif terbatas. Saat ini banyak merek plafon berbahan gypsum menyediakannya dalam berbagai motif. Banyaknya pilihan menjadikan tampilan rumah tidak monoton dan bisa terlihat semakin eksklusif.

  1. Rumah menjadi sejuk

Mempunyai rumah yang nyaman dan sejuk tanpa tambahan penyejuk udara tentu impian semua orang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan plafon berbahan gypsum. Jenis ini mampu menahan panas dari sinar matahari. Sebaliknya, juga dapat menghindari masuknya udara dingin yang berlebihan dari luar. Rumah pun terasa lebih nyaman.

  1. Dapat menyerap rembesan air

Rembesan hujan dapat menjadi masalah pada sebuah rumah. tetesan air hujan dapat menyebabkan perabot menjadi rusak. Lantai yang licin juga cukup berbahaya karena dapat menyebabkan terpeleset. Gypsum mempunyai kemampuan untuk menahan rembesan sehingga lantai dan seluruh ruangan tetap kering tanpa tetesan air hujan.

  1. Anti rayap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: