Pakaian Pengantin Khas Kendal Akan Dipatenkan

Pakaian Pengantin Khas Kendal Akan Dipatenkan

SEMINAR - Di acara seminar Tatarias Pengantin, DPC Himpunan Perias Pengantin Indonesia (Harpi) Kendal berencana mematenkaan pakaian pengantin khas Kendal.

KENDAL - DPC Himpunan Perias Pengantin Indonesia (Harpi) Kendal berencana mematenkan pakaian pengantin khas Kendal. Rencana itu disampaikan langsung Ketua DPC Harpi Kendal, Nur Fachrudin, saat acara Seminar Tatarias Pengantin, Rabu (15/1), di Pendopo Tumenggung Bahurekso.

Menurut Fachrudin, sosialisasi sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, sehingga diharapkan sudah bisa dipatenkan di tahun 2020 ini. Dalam proses mematenkan pakaian pengantin khas Kendal tersebut, pihak Harpi Kendal juga melibatkan narasumber dan berbagai pihak, termasuk dari Permadani dan seniman.

"Untuk mematenkan ini, kami berkoordinasi dengan berbagai narasumber untuk menggali pakaian pengantin yang zaman dulu di Kendal," katanya.

Dijelaskan, pakaian pengantin khas Kendal mengacu pada pakaian pengantin zaman dulu, namun mengikuti tren modern. Sehingga ada perpaduan pakaian pengantin zaman dulu dengan gaya modern. "Perias pengantin harus mengikuti tren sesuai zaman," imbuhnya.

Ditambahkan Fachrudin, seminar Tatarias Pengantin itu diikuti 200 anggota Harpi Kendal, dengan menghadirkan ahli tatarias pengantin dari Jepara. Pada seminar kali ini diajarkan teknik tatarias bold dan floss. "Tatarias bold yaitu tatarias wajah dengan make up tajam, sedangkan floss bergaya tatarias yang kalem namun berkarakter," terangnya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: