Tim Peneliti Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Kota Pekalongan Kembangkan Panel Surya untuk Kapal Nelayan

Tim Peneliti Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Kota Pekalongan Kembangkan Panel Surya untuk Kapal Nelayan

Tim peneliti Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Kota Pekalongan kembangkan panel surya sebagai pasokan energi tambahan kapal nelayan dalam pengabdian masyarakat di Pelabuhan Krapyak, Kota Pekalongan.-Tim peneliti Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Kota Pekalongan.-

"Sampan ini sering tidak menggunakan mesin generator set dalam memberikan sumber listrik yang digunakan untuk penerangan dan alat elektronik lainnya," ujar dia. 

Jenis kapal sampan merupakan jenis kapal yang juga tidak ada tempat atau area yang bisa digunakan sebagai panel surya atau tempat generator. Dikarenakan sempitnya tempat yang ada pada sampan. 

Selain itu, penggunaan bahan bakar fosil yang cukup mahal membuat para nelayan cukup khawatir dibandingkan dengan hasil tangkapan yang mereka dapatkan ketika berlayar.

Oleh karena itu, tim peneliti dari Politeknik Negeri Jakarta melakukan pengabdian masyarakat untuk mengembangkan panel surya untuk kapal nelayan di Pelabuhan Krapyak, Kota Pekalongan.

Tujuannya, kata dia, untuk memberikan pemahaman mengenai energi terbarukan yaitu solar panel yang digunakan sebagai energi alternatif untuk menjaga bahan bakar fosil. Dan juga sebagai bekal para nelayan ketika ada kebocoran pada kapal nelayan. 

"Selain itu penggunaan solar panel juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti penerangan pada kapal dan lainnya. Tidak hanya itu, teknologi ini juga membantu nelayan dalam meraup lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan modal berlayar yang keluar, dan meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Desa Setembok, Kecamatan Krapyak, Kota Pekalongan," ujar dia.

Tahapan pengabdian masyarakat ini melalui beberapa tahapan. Disebutkannya, survei permasalahan yang dikeluhakan oleh masyarakat desa mitra terutama di sektor perikanan tangkap atau nelayan. Setelah mendapatkan kesepakatan solusi yang dihasilkan maka alat akan dirancang sesuai dengan pelatihan penggunaan tenaga surya bagi nelayan tradisional di Desa Setembok, Kecamatan Krapyak, Kota Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: