Update : BPBD Batang Sebut 271 Rumah dan 30 Fasum Rusak Akibat Gempa Batang

Update : BPBD Batang Sebut 271 Rumah dan 30 Fasum Rusak Akibat Gempa Batang

BPBD Batang Sebut 271 Rumah dan 30 Fasum Rusak Akibat Gempa Batang-IST-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Gempa 4,4 Magnitudo di Kabupaten BATANG merusak ratusan rumah dan fasilitas umum. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten BATANG, total ada 271 rumah dan 30 Fasilitas Umum (fasum) yang rusak akibat Gempa yang terjadi pada Minggu 7 Juli 2024 tersebut. 

Kabid Kegawatdaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Batang, Muhammad Fajri, menyebut total ada 271 rumah rusak dengan rincian 11 unit rusak berat, 62 unit rusak sedang, dan 198 unit rusak ringan. Sedangkan untuk fasum yang rusak meliputi, 1 unit pasar, 8 unit perkantoran, 15 sekolah, 5 tempat ibadah dan 1 jembatan.

"Data tersebut kami update hingga per Selasa 9 Juli 2024 pukul 16.00 WIB. Selain itu ada 13 korban dengan rincian 11 orang luka ringan dan sudah dinyatakan sembuh, dan 2 orang 1 luka ringan dan 1 luka berat yang masih dalam perawatan," ujarnya. 

BACA JUGA:KKN-T Inovasi IPB Edukasikan Budikdamber Warga Desa Jagung

Sementara itu ada 26 kelurahan/desa di tiga kecamatan yang terdampak. Yakni di Kecamatan Batang, Kecamatan Warungasem dan Kecamatan Wonotunggal. 

Menghadapi banyaknya kerusakan itu, Pemda Batang masih menetapkan status tanggap darurat selama satu minggu setelah gempa terjadi. Dapur umum juga masih didirikan sampai waktu yang belum ditentukan. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Batang mengatakan, dapur umum semula berada di masjid Desa Lebo, Kecamatan Warungasem. Namun, Selasa 9 Juli 2024 dapur umum dipindahkan ke kantor Dinsos Batang.

BACA JUGA:Masuk Pertengahan Tahun 2024, Okupansi Hotel di Kota Pekalongan Capai 60 Persen

Tim yang bertugas memasak berasal dari Tagana, TKSK, dan PKH. "Kita pindahkan ke kantor untuk memudahkan akses. Jumlahnya kita kita evaluasi, karena info dari Tagana, BPBD menyatakan bahwa kalau masak sebanyak itu (1.500 porsi) kebanyakan," terangnya.

Sebelumnya, pada hari Senin 8 Juli 2024 dapur umum yang berada di Masjid Lebo mendapat bantuan dapur umum dari Brimob selama satu hari. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: