Tenang, Stok Blanko KTP-el Sementara Aman

Tenang, Stok Blanko KTP-el Sementara Aman

*Komisi A Siap Back Up Sarpras Pelayanan

TANYAKAN LAYANAN - Rombongan Komisi A yang dipimpin ketuanya, Danang Aji Saputro saat kunker layanan adminduk di Disdukcapil, Jumat lalu.

BATANG - Sempat rutin kekurangan blanko KTP-el, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang memastikan stok hingga akhir tahun nanti aman. Karena itu, layanan administrasi kependudukan (adminduk) sejauh ini juga lancar.

Kepastian itu diperoleh jajaran Komisi A DPRD Batang, usai kunjungan kerja ke Disdukcapil, Jumat (6/3/2020) lalu. "Kita mengunjungi Disdukcapil untuk memastikan proses layanan adminduk berjalan maksimal. Secara spesifik, kita memang menanyakan layanan KTP-el, terutama menyangkut ketersediaan blanko, karena sebelumnya kan memang sering kekurangan," ungkap Ketua Komisi A DPRD, Danang Aji Saputro ST, Minggu (8/3/2020).

Dijelaskan Danang, belum lama ini Disdukcapil baru mendapatkan tambahan stok blanko sebanyak 12 ribu keping, sehingga total stok saat ini mencapai 50 ribu keping. Sementara jumlah penduduk yang sudah melakukan perekaman dan hanya dibekali surat keterangan (suket) mencapai 42 ribu.

"Sesuai keterangan Pak Abudul Rahman (Kepala Disdukcapil -red), masih ada sisa 8 ribu keping yang disiagakan untuk melayani penduduk yang pindah atau mengajukan perubahan data KTP-el. Prinsipnya, sampai akhir tahun nanti insya Allah stok yang ada aman," terangnya.

Perwakilan Komisi A lainnya, Imam Teguh Raharjo menambahkan, komisinya juga bersepakat memback up apa yang menjadi kekurangan Disdukcapil dalam melayani masyarakat. Dukungan dimaksud, terutama menyangkut pengadaan tinta, ribon, film untuk cetak KTP-el, hingga printer untuk pencetakan KTP-el di semua kecamatan. Pasalnya, sampai saat ini baru 5 kecamatan yang tersedia.

"Dukungan juga diberikan terkait pengadaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM, sehingga nantinya masyarakat bisa langsung mencetak dokumen kependudukan secara mandiri melalui mesin ini. Termasuk anggaran untuk DED kantor Disdukcapil, kita akan dukung," jelasnya. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: