Lolos Seleksi, 75 Paskibraka Kabupaten Batang Terpilih Mulai Jalani Latihan Rutin

Lolos Seleksi, 75 Paskibraka Kabupaten Batang Terpilih Mulai Jalani Latihan Rutin

LATIHAN - 75 Paskibraka terpilih saat mengikuti latihan hari pertama persiapan upacara kemerdekaan. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Tahun ini Kabupaten Batang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Batang kembali memilih 75 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Mereka pun mulai menjalani latihan rutin di kawasan Alun-alun Batang, seperti terlihat pada Senin 29 Juli 2024. 

"Hari ini kami mulai latihan rutin hari pertama, rencananya akan kami gelar hingga 17 kali hingga menuju tanggal 17 Agustus nanti," jelas Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama Bakesbangpol Batang, Pandam Harjito. 

BACA JUGA:37 Klub se Jateng Ikuti Turnamen Sepaktakraw Pergunu Open Tahun 2024 Kabupaten Batang

Paskibraka terpilih ini sebelumnya telah menjalani serangkaian seleksi yang menginduk ke pusat. Mulai dari tes wawasan Kebangsa yang menggunakan Computer Assesment Test (CAT), tes fisik, Baris berbaris dan tes lainnya. 

Selama latihan, mereka nantinya akan dilatih oleh 5 pelatih. Mulai dari Kodim 0736 Batang, Polres Batang dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Batang. Nantinya mereka akan bertugas sebagai pasukan pengibar dan penurunan bendera. 

"Untuk mendukung stamina mereka, kami juga telah meminta kerja sama dengan Dinkes Batang untuk tambahan suplemen, agar fisik tidak ngedrop. Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami juga akan menyiapkan karantina selama dua hari menjelang pelaksanaan," imbuhnya. 

Perwakilan pelatih, Sertu Mochamad Ramli, menyebut di hari ini pertama ini Paskibraka terpilih mengikuti latihan fisik dan mendapatkan motivasi.

BACA JUGA:Dari Batik Night Carnival Hingga Ragam Seni Pertunjukan Meriahkan Batang Art Festival ke-6

"Pelatihan hari pertama ini alhamdulillah tidak ada yang pingsan, tetapi memang beberapa ada yang pusing-pusing. Ini berkat motivasi yang kami berikan ke anak-anak sehingga mental dan fisiknya, serta kedisiplinannya bisa di tingkatkan," jelasnya. 

Di awal pelatihan, pihaknya fokus untuk membentuk fisik Paskibraka terpilih. Dan nantinya di minggu kedua akan fokus pada Peraturan Baris Berbaris (PBB), dan nantinya akan diberikan tambahan materi.

"Fisik dulu yang kami berikan, nantinya materinya baru diberikan akan lebih mudah. Kami juga mengimbau mereka untuk menjaga kesehatan dan membatasi konsumsi makanan pedas dan es. Kami juga harap orang tua di rumah, bisa turut mengawasi mereka selama di rumah, untuk meningkatkan daya tahan dan fisik mereka," imbuhnya. 

Guna menambah semangat, Pemkab Batang juga turut memberikan set pakaian training dan juga aksesoris pendukung, mulai dari topi hingga sepatu. 

"Kami selaku pelatih mengucapkan terima kasih atas perhatiannya. Kami berharap ke depannya juga ada reward atau apresiasi kepada para Paskibraka yang sudah bertugas. Seperti adanya kegiatan refreshing untuk mengembalikan semangat mereka," harapnya. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: