Pindah Haluan, PAN Merapat ke Fauzi Fallas-Ridwan di Pilbup Batang 2024

Pindah Haluan, PAN Merapat ke Fauzi Fallas-Ridwan di Pilbup Batang 2024

SIAP DIUMUMKAN - Sekretaris DPD PAN Batang, Samsul Arifin, dalam sebuah acara PAN. Dia menyampaikan kemungkinan adanya dinamika dukungan partai-partai di Batang menjelang tahap pendaftaran paslon. -Dok. Istimewa-

BATANG - Konstelasi Pilbup Batang 2024 pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) sepertinya kian dinamis.  Salah satunya ditunjukkan oleh Partai Amanat Nasional yang dikabarkan berpindah haluan dari sebelumnya mendukung pasangan Faiz-Suyono yang diusung Partai Golkar ke koalisi PKB-PDI Perjuangan yang menjagokan Fallas-Ridwan.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang sebelumnya mendominasi percaturan politik Pilkada Serentak 2024 pun sepertinya mulai dikalkulasi ulang sejumlah partai di tingkat lokal. Pasca putusan MK, peta dukungan politik menjadi lebih cair dan dinamis.  

Hal ini menjadikan manuver politik menjelang pendaftaran pasangan calon kepala daerah semakin dinamis. Partai-partai yang sebelumnya pasif kini mulai menunjukkan pergerakan. Pun partai yang sebelumnya sudah menunjukkan preferensi dukungan, dimungkinkan untuk menakar ulang dan akhirnya balik kanan.

BACA JUGA:Dapat Rekom Hari Ini, Golkar Sepakat Usung Pasangan Calon Faiz-Suyono

Pilihan politik ini juga sepertinya diambil oleh PAN di Pilbup Batang 2024.  Diketahui, dalam sepekan terakhir, peta pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batang ini semakin mengerucut pada dua kekuatan. Pertama ada pasangan Faiz Kurniawan dan Suyono yang diusung koalisi Golkar-PPP, yang lebih dulu diumumkan ke publik. Kedua, disusul koalisi PKB dengan PDI-P yang bakal mengusung pasangan Fauzi Fallas dan Ahmad Ridwan.

Dalam konstelasi tersebut, sedianya PAN digadang-gadang telah melabuhkan dukungan pada pasangan Faiz-Suyono. Namun partai berlambang matahari ini sepertinya menunjukkan pergerakan dengan berpindah dukungan ke pasangan Fallas-Ridwan di Pilbup Batang 2024.

BACA JUGA:PKB Resmi Berkoalisi dengan PDIP, Usung Fauzi Fallas dan Ahmad Ridwan di Pilbup Batang

Dikonfirmasi terkait isu ini, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Batang, Samsul Arifin, S.Pd.I., M.Pd., menyatakan masih menunggu waktu bagi partainya untuk mengumumkan secara resmi dukungan politiknya pada Pilbup Batang 2024 ini. Namun demikian, Samsul sendiri tidak menampik soal menguatnya isu perpindahan dukungan PAN ke Fallas-Ridwan.

"Ya kami tak menampik mencuatnya isu ini (peralihan dukungan PAN, red), bahkan hari ini sepertinya menguat di internal PAN maupun sebagian di publik. Tapi kami tentu belum bisa berbicara lebih jauh, karena nanti ada mekanisme partai untuk mengumumkannnya secara resmi," kata Samsul yang saat dihubungi via ponsel, tengah berada di Jakarta untuk mengambil rekomendasi dari DPP PAN, Minggu malam, 25 Agustus 2024.

Tidak lama, Samsul bahkan mengabarkan telah memegang rekomendasi DPP dan siap dibawa ke Batang. Dia mengakui rekomendasi DPP untuk Pilbup Batang 2024 ini mengalami keterlambatan dari sedianya diserahkan Minggu sore menjadi Minggu jelang dinihari.

"Memang ada dinamika yang cukup tinggi, karena lobi-lobi politik untuk Pilkada Batang ini juga dilakukan elit-elit partai di tingkat pusat. Termasuk PAN sendiri juga terus berkomunikasi dengan teman-teman partai lainnya soal dukungan politik ini," jelas dia.

Dikatakan Samsul, sampai saat ini masing-masing koalisi paslon sama-sama optimis untuk mendapatkan dukungan dari DPD PAN guna pencalonan Pilbup Batang. Ditanya kepastian dukungan, Samsul lagi-lagi meminta menunggu pengumuman resmi oleh DPD PAN di Senin siang, 26 Agustus 2024.

"Nanti biar Pak Ketua DPD yang akan mengumumkan secara resmi sikap politik PAN untuk pencalonan Pilbup Batang 2024 ini. Saya tidak berwenang mendahului mekanisme partai, tetapi pastinya dinamika itu ada dan bahkan berlangsung dalam tensi tinggi," ucap Samsul mengakhiri. 

Tak hanya PAN, dinamika politik ini juga tengah berlangsung di partai-partai lain. Samsul menyebut bakal ada banyak kejutan menjelang pendaftaran paslon ke KPU di 27 Agustus 2024. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: