Pemilik Baru Wajib Tahu, Inilah 5 Alasan Mesin Mobil Diesel Tidak Boleh Langsung Dimatikan, Bahaya!

Pemilik Baru Wajib Tahu, Inilah 5 Alasan Mesin Mobil Diesel Tidak Boleh Langsung Dimatikan, Bahaya!

mesin mobil diesel tidak boleh langsung dimatikan--Instagram/dp_autotuning_dieselservice

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Apakah kamu sudah mengetahui apa alasan mesin mobil diesel tidak boleh langsung dimatikan, ternyata ada alasannya lho tidak asal-asalan.

Mobil dengan pemakaian mesin diesel sendiri, memang dirancang khusus untuk ketahananan yang lebih tahan lama dan lebih efisien.

Nah, salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pemiliknya, terutama pemilik baru adalah mematikan mesin mobil secara langsung setelah berkendara.

Terlihat praktis memang, tapi sebenarnya kebiasaan ini dapat menyebabkan banyak masalah, yang tentunya merusak komponen mesin, nah bagi kamu yang ingin mengetahui apa alasan mesin mobil diesel tidak boleh langsung dimatikan, simak artikel ini sampai selesai ya.

BACA JUGA:Pemilik Wajib Tahu, Inilah 5 Mobil yang Masih Bisa Mengisi BBM Jenis Pertalite, Mesin 1.500 Cc ke Bawah!

BACA JUGA:5 Rekomendasi Helm yang Cocok untuk Pengendara Motor Honda Vario

1. Pendinginan Turbocharger

Alasan mesin mobil diesel tidak boleh langsung dimatikan, yang pertama adalah untuk mendinginkan turbocharger pada mobil.

Turbocharger sendiri, merupakan sebuah komponen yang penting dalam mesin diesel, dimana kehadirannya dapat membantu meningkatkan performa serta efisiensi pada bahan bakarnya.

Ketika mesin selesai digunakan pada suhu yang tinggi, tentu saja turbocharger juga akan mencapai suhu yang sangat tinggi juga.

Nah, jika mesin dimatikan secara langsung dan tiba-tiba, tentu saja minyak pelumas yang seharusnya dapat mendinginkan justru tidak lagi bersirkulasi dengan sempurna.

BACA JUGA:Persiapan Musim Hujan! Inilah 5 Rekomendasi Jas Hujan Anti Rembes dan Terbaik 2024 untuk Bapak-Bapak

BACA JUGA:Yamaha R15 Connected 2024 Cocok Menjadi Pilihan Buat Kamu yang Ingin Tampil Gaya, Harganya Cukup Terjangkau!

2. Kesehatan Oli Mesin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: