Ternyata Ini Biang Keroknya! Inilah 4 Penyebab Speedometer Motor Tidak Berfungsi, Pengguna Motor Wajib Tahu

Ternyata Ini Biang Keroknya! Inilah 4 Penyebab Speedometer Motor Tidak Berfungsi, Pengguna Motor Wajib Tahu

Penyebab Speedometer Motor Tidak Berfungsi-youtube.com-OK OTOMOTIF CHANNEL

1. Bagian main fuse terputus

Salah satu penyebab penyebab speedometer motor tidak berfungsi yakni bagian main fuse terputus. Ini ditujukan pada motor yang sudah menggunakan digital speedometer. 

Pasalnya, pada motor yang sudah menggunakan speedometer membutuhkan arus listrik untuk menunjang fungsinya. Tak lain karena kinerjanya untuk menerjemahkan frekuensi putaran pada roda gigi ke dalam bentuk bilangan.

Motor dengan speedometer digital, pada bagian sekringnya terdapat bagian yang dinamakan main fuse. Dengan hal ini, bilamana main fuse ini terputus maka menjadikan speedometer tidak bisa berfungsi dengan baik.

2. Kerusakan pada magnet

Penyebab lainnya yakni kerusakan pada magnet. Hal ini perlu kamu ketahui bahwa da beberapa bagian dari speedometer, salah satunya yakni magnet.  

Pada bagian magnet pada motor yang akan menyalurkan putaran kawat agar bisa menimbulkan Gaya Gerak Listrik (GGL). Dengan adanya GGL, maka jarum pada speedometer akan gerak. 

Hal ini tentu saja terjadi pada motor yang belum menggunakan digital speedometer, baik motor bebek maupun motor matic. Oleh sebab itu, pastikan kamu segera cek ke bengke untuk memastikan apakah magnetnya yang rusak. 

3. Bagian gearbox rusak

Tak hanya itu saja, pasalnya speedometer yang tidak berfungsi dengan baik salah satunya karena bagian gearboxnya mengalami kerusakan. Hal ini memang sering terjadi pasalnya gearbox yang terbuat dari bahan polymer.

Sebagai informasi, bahan polymer merupakan bahan yang sengaja didesain dengan simpel dan bobotnya ringan. Namun kekurangannya adalah mudah mengalami kerusakan.

BACA JUGA:Bisa untuk Liburan, 5 Motor Matic Murah Irit Bensin Ini Siap Mengantarkanmu Pergi Liburan Bersama Keluarga!

BACA JUGA:Solusi Nyaman Berkendara, 5 Motor Kopling Irit dan Bertenaga Ini Siap Menemanimu Kemanapun, Termasuk Touring!

4. Kabel speedometer putus

Kabel pada speedometer juga bisa menjadi salah satu penyebab speedometer tidak berfungsi loh. Hal ini karena kabel untuk speedometer terbuat dari poros dengan diameter berukuran beberapa millimeter saja dan cukup lentur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: