160 Calhaj di Kecamatan Batang Jalani Tes Kesehatan

160 Calhaj di Kecamatan Batang Jalani Tes Kesehatan

BERSIAP - Para calhaj bersiap melakukan tes kesehatan, salah satunya dengan berlari mengelilingi Lapangan Dracik Kampus, Sabtu (2/11).

BATANG - Sekitar 160 calon jamaah haji (calhaj) di Kecamatan Batang menjalani tes kesehatan dan kebugaran, Sabtu (2/11), di Kelurahan Proyonanggan Selatan. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui tingkat kesehatan para calhaj dan sejauh mana calhaj yang memiliki resiko tinggi.

"Ada sekitar 160 calhaj yang mengikuti tes kesehatan dan kebugaran di sini di kelompok Kecamatan Batang. Mereka melakukan cek kesehatan, seperti pengecekan tensi darah, tes ketahanan fisik dengan berjalan atau berlari mengelilingi lapangan Dracik 2,5 kali putaran sesuai kondisi," terang Koordinator Tim Rockport Kecamatan Batang tahap I, dr Ening Yohan.

Lebih lanjut, dr Ening Yohan yang juga dokter tim Rockport tahap I itu menjelaskan beberapa poin terkait tes kali ini. Pertama pihaknya mengecek vital sign dari calhaj, seperti dengan cek tensi darah dan juga nadi. Setelah itu dicek apakah calhaj layak melakukan tes Rockport atau tidak. Hal itu dilakukan dengan melakukan screening kondisi dan riwayat kesehatan.

"Kalau misal resiko tinggi (Resti), misal memiliki penyakit jantung, nyeri dada dan lainnya, akan kami sarankan untuk jalan kaki enam menit. Dan jika layak untuk lari, maka dia akan mengikuti lari 2,5 putaran lapangan Dracik Kampus ini," jelasnya.

Tes kesehatan dan kebugaran itu menjadi patokan bagi calhaj maupun tim Dinkes Batang untuk keberangkatan nanti. Sehingga ketika akan berangkat, calhaj bisa mengetahui kondisi kesehatannya dan mempersiapkan kebutuhan terkait kesehatannya.

"Dengan tes ini kami jadi tahu bagaimana potret calhaj yang akan berangkat nanti. Karena sejak awal sudah diketahui bagaimana kondisinya, sehingga ketika nanti memang butuh penanganan, tim kesehatan sudah mendapatkan gambaran bagaimana kondisi calhaj tersebut," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: