Kab Pekalongan Tuan Rumah Peringatan HCTPS Sedunia Tingkat Jateng, Pjs Bupati Pekalongan Ini Sebuah Kehormatan

Kab Pekalongan Tuan Rumah Peringatan HCTPS Sedunia Tingkat Jateng, Pjs Bupati Pekalongan Ini Sebuah Kehormatan

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kabupaten Pekalongan menjadi tuan rumah peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia tingkat Provinsi Jawa Tengah. Acara ini digelar di SD Negeri 6 Kedungwuni.

Acara dihadiri oleh Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pekalongan, Widi Hartanto, Pelaksana Harian (Plh) Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan, Fika Yulian Akbar, para pejabat di lingkungan Pemkab Pekalongan, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Pekalongan, Widi Hartanto, menyampaikan bahwa peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia jatuh pada tanggal 15 Oktober dan diperingati serentak di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. 

“Jadi, ada 35 kabupaten / kota di Jawa Tengah, dan kita di Kabupaten Pekalongan mendapatkan kehormatan karena acara ini dilaksanakan di sini,” ujar Widi.

Widi juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan terus mengajak seluruh komponen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menyukseskan serta mengkampanyekan gerakan CTPS. Hal ini diharapkan menjadi kebiasaan sehari-hari agar bisa mengurangi penyakit menular.

“Kita berharap, dengan kebiasaan cuci tangan pakai sabun dan sudah menjadi kebiasaan, maka penyakit-penyakit menular akan berkurang di masyarakat,” tambahnya.

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana, mengungkapkan bahwa tema nasional HCTPS Sedunia Tahun 2024 adalah "Mengapa Tangan yang Bersih Itu Penting." 

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa dalam rangka memperingati Hari CTPS Sedunia, Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan mengadakan berbagai kegiatan seperti pemberian edukasi mengenai pentingnya CTPS di sekolah serta gerakan CTPS di SD Negeri 6 Kedungwuni.

“Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan sekolah dengan harapan dapat menjadi momentum dan memberikan motivasi kepada guru dan siswa untuk lebih aktif dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya melalui aktivitas cuci tangan pakai sabun yang benar,” jelasnya.

“Jika perilaku hidup sehat sudah ditanamkan sejak dini, diharapkan anak-anak akan menerapkannya juga di rumah. Dengan demikian, cuci tangan pakai sabun akan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjut Shinta.

Plh Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan, Fika Yulian Akbar melaporkan bahwa acara ini dihadiri peserta sejumlah 300 orang dan juga diikuti secara daring oleh ratusan sekolah.

“Peserta yang hadir pada pagi hari ini terdiri dari siswa siswi SD, pengurus PKK Kabupaten, pengurus PKK Kecamatan, dan juga dilaksanakan secara daring, melalui zoom yang diikuti oleh 500 SD se-Kabupaten Pekalongan, dan juga diikuti beberapa SD dari Kabupaten / Kota yang lain,” jelasnya.

Dalam acara ini, Pj Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah secara simbolis menyerahkan pin CTPS, kit snack, serta alat kebersihan kelas kepada siswa. Selain itu, juga diserahkan suvenir kepada kader PKK dan tanaman toga kepada Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Pekalongan.

Pjs Bupati Pekalongan, dalam kesempatan yang sama, juga melakukan penyerahan bantuan telur ayam kepada Ketua TP PKK kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Acara ini juga diisi dengan gerakan minum susu bersama dan praktik CTPS oleh seluruh hadirin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: