Tiga Daerah Pekalongan Raya Teken Kerjasama

Tiga Daerah Pekalongan Raya Teken Kerjasama

KOTA - Tiga daerah yang ada di kawasan Pekalongan Raya yakni Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang, meneken MoU kerjasama pembangunan daerah di berbagai sektor. Penandatangan kerjasama dilakukan langsung oleh Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi dan Bupati Batang yang diwakili Asisten Administrasi Setda Kabupaten Batang, Ripyono. Penandatangan dilakukan Kamis (14/3), di Ruang Amarta Setda Pekalongan.

TEKEN MOU - Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi dan Bupati Batang yang diwakili Asisten Administrasi Setda Kabupaten Batang, Ripyono, menandatangani MoU kerjasama tiga wilayah, Kamis (14/3), di Ruang Amarta Setda Pekalongan. DOK HUMAS

Ditemui usai kegiatan, Walikota Pekalongan berharap agar kerjasama ini bukan hanya sekedar seremonial namun diimplementasikan dengan baik. Usai penandatanganan MoU, dia berharap agar dirumuskan kerjasama di masing-masing bidang. "Ini akan ditindaklanjuti kerjasama di berbagai bidang mulai dari penuntasan rob, SPAM Petanglong, hingga penanganan lingkungan," tuturnya.

Walikota mengatakan, secara umum substansi kerjasama adalah pembangunan daerah dimana di dalamnya terdapat pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, kesehatan dan lingkungan. Namun untuk detail kerjasama akan dikerucutkan oleh OPD dari daerah masing-masing sesuai dengan bidang yang akan dikerjasamakan.

Karena menurut Saelany, permasalahan ketiga daerah tidak bisa sendiri namun harus saling mendukung dan mendorong. "Misal permasalahan sampah atar dinas lingkungan hidup, masalah air dengan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, dan masih banyak subtansi lain yang bisa untuk kerjasama. Namun kami berharap ini harus segera diimplementasikan," katanya.

Sementara itu, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi menambahkan, kerjasama daerah yang diteken hari itu merupakan wujud implementasi dari UU Nomor 23 Tahun 2014. "Karena ketiga daerah ini merupakan tetangga, lokasinya dekat dan sangat strategis untuk saling membantu mengatasi permasalahan maupun mendorong pembangunan," jelas Asip.

Dia mencontohkan beberapa bidang yang dapat dikerjasamakan seperti SPAM Petanglong dimana Pemprov sudah membangnkan fasilitas dan Kabupaten Pekalongan menyuplai sumber air bagi dua wilayah lainnya. Kemudian bidang lingkungan yang menjadi isu strategis dimana banyak permasalahan yang bisa diatasi bersama seperti masalah pencemaran sungai.

Selanjutnya, Pemkab Pekalongan yang memiliki wilayah luas juga akan menawarkan kerjasama TPA dimana Pemkab akan membangun TPA dengan pengelolaan sampah yang modern yakni dapat diubah menjadi listrik. "Kami buka TPA baru di Talun yang sekaligus bisa menampung sampah dari Kota Pekalongan dan ini akan saling menguntungkan," tambahnya.

Asip juga menyatakan bahwa selama ini antar tiga daerah juga sudah terjalin kerjasama di bidang ekonomi. Dimana Kabupaten Pekalongan memproduksi berbagai barang yang penjualannya dilakukan di Kota Pekalongan yang dinilai lebih representatif.

"Kami dukung ini, ekonomi harus ditingkatkan lebih baik di tiga wilayah ini yang kemudian dapat berdampak pada penurunan kemiskinan yang signifikan maupun terciptanya lapangan kerja yang memadai," tandasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: