MGMP Bahasa Inggris Gelar English Competence Contest 2024

MGMP Bahasa Inggris Gelar English Competence Contest 2024

UNJUK - Salah satu peserta Contes yang sedang menunjukkan kemampuannya untuk story telling --

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP/MTs Kota Pekalongan menggelar English Competence Contest (ECC) 2024 tingkat SMP yang berlangsung di ruang Jlamprang, Kantor Setda setempat, Selasa (22/10/2024). Kegiatan ini sebagai upaya MGMP untuk mendorong siswa menguasai bahasa asing yaitu bahasa Inggris.

Ketua MGMP Bahasa Inggri SMP/MTs Kota Pekalongan, Iwan Fitria menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti seleksi ECC pada hari ini ada 10 grand finalis dari 2 kategori lomba yaitu speech contest dan story telling. Sebelum diambil 10 besar, pada tanggal 1-30 September 2024, dilakukan babak penyisihan secara online dengan melakukan penelitian dari video yang dikirimkan peserta dengan rincian 27 peserta speech contest dari 25 sekolah dan story telling 27 peserta dari 26 sekolah.

“Kami ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak-anak secara lisan karena lomba ini lebih banyak performance bagaimana mereka berpidato dan mendongeng dimana sementara ini penilaian keterampilan di sekolah tidak terlalu masif sehingga kami melihat peluang itu dan melihat potensi anak SMP Kota Pekalongan luar biasa maka kami berinisiatif MGMP menjadi wadah bagi mereka yang punya bakat,” ujarnya.

ECC bertemakan “It's time for you to shine” ini digelar kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2022. Dijelaskan Iwan bahwa pada tahun 2024, ECC akan dilakukan secara berjenjang, setelah mendapatkan juara 1 speech contest dan story telling tingkat Kota Pekalongan, masing-masing juara akan dikirimkan ke provinsi dengan proses seleksi yang sama di Kota yaitu dengan mengirimkan video. Ia berharap perwakilan Kota Pekalongan bisa masuk ke 6 besar dan pada November mendatang bisa mewakili Kota Pekalongan untuk berkompetisi di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

“ECC 2024 ini jadi tahun kedua, pertama 2022 namun belum berjenjang. Lalu kami MGMP Bahasa Inggris se Jawa Tengah berembuk karena belum ada ECC jenjang Provinsi sehingga pendekatan ke Balai Bahasa, agar bahasa Inggris ada wadah disana dan Alhamdulillah tahun ini bisa terlaksana,” sambungnya.

Adapun tema khusus yang diambil untuk kategori speech contest yaitu in contouring bullying atau anti bullying sedangkan untuk story telling yakni membawakan cerita indonesia.

Sementara itu, Zainul memberikan apresiasi kepada MGMP Bahasa Inggris SMP/Mts Kota Pekalongan yang selalu antusias mempersiapkan ECC setiap 2 tahun sekali. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya penguatan literasi para pelajar, agar bisa menyampaikan kalimat menggunakan bahasa asing yaitu bahasa Inggris.

“Setelah melihat beberapa penampilan tadi, menarik dan luar biasa, ternyata pelajar kita bisa menguasai bahasa Inggris tidak hanya hafalan tetapi bisa menyampaikan maksud dari cerita atau pidato yang dibawakan. Kedepan kami tentunya mendukung dan coba perkuat kolaborasi agar penyelenggaran ECC yang akan datang lebih baik dan sukses,” ujarnya.

Zainul berpesan kepada seluruh pelajar supaya melestarikan Bahasa Ibu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan upayakan kuasai bahasa asing.(Mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: