Cegah Covid-19, SMKN 1 Kandeman Gelar US Online

Cegah Covid-19, SMKN 1 Kandeman Gelar US Online

PANTAU - Staf Kurikulum SMKN 1 Kandeman saat memantau kegiatan US Online. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - SMKN 1 Kandeman turut berusaha melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, SMKN 1 Kandeman tetap menggelar US secara online, meski siswa tengah masa belajar di rumah.

Kepala SMKN 1 Kandeman, Suyanta SPd MSi didampingi staf kurikulum, Cahya Basuki ST dan Nur Budiono SPd menjelaskan, US online ini sudah dilaksanakan mulai Senin lalu.

"Alhamdulillah sudah kami laksanakan sejak Senin kemarin. Hari ini sudah memasuki hari kedua. Dan rencananya akan kami gelar hingga Jumat mendatang. Kami manfaatkan US Online ini dengan aplikasi Google doc dan lainnya," terang Suyanta.

Dijelaskan, setiap harinya siswa hanya bisa mengakses mata ujian sesuai dengan jadwal. Soal US dapat diakses mulai pukul 01.00 - 22.00 WIB.

"Jadi anak bebas mengerjakan jam berapapun. Asalkan masih di antara jam akses, yakni mulai dari pukul 01.00-22.00 WIB. Setiap harinya ada dua mata ujian yang diujikan. Nah tugas guru selama berangkat sekolah salah satunya dengan memantau kegiatan US anak secara online," imbuhnya.

Dijelaskan, nantinya para siswa akan mendapatkan link untuk menuju halaman US. Setelah itu anak akan memilih untuk mengerjakan mata ujian sesuai dengan jadwal harian. Setelah diklik pada mata ujian nantinya para siswa akan memasukkan nomor peserta dan data diri. Kemudian peserta bisa melanjutkan untuk mengerjakan soal US.

"Setelah masuk ke soal, dan kemudian disimpan jawabannya, maka siswa bisa mengklik tombol SUBMIT untuk menyimpan hasil ujian. Dan bisa mengerjakan US untuk mata ujian lain sesuai jadwal yang ada," sambungnya.

Menurut Suyanta, US Online ini bisa lebih memudahkan siswa. Selain itu US ini juga bisa diakses melalui handphone, komputer ataupun tablet. Dan untuk kelas 11 dan 10 pun, tugas belajar di rumah semuanya menggunakan penugasan secara online.

"Selain mudah, dengan penugasan online ini diharapkan dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. Harapannya nantinya setelah belajar di rumah ini selesai, keadaan bisa lebih kondusif. Dan semoga anak didik kami, guru dan staf TU, serta seluruh masyarakat Batang dan sekitarnya aman dari Covid-19," harapnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: