2020, 15 Perpusdes Baru Ditargetkan Lahir

2020, 15 Perpusdes Baru Ditargetkan Lahir

AKTIF - Salah satu kegiatan di Perpusdes di Desa Sodong, Kecamatan Wonotunggal.

BATANG - Untuk menggelorakan semangat literasi masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Kabupaten Batang terus mengupayakan pembentukan Perpustakaan Desa (Perpusdes). Harapannya, bagi masyarakat yang jaraknya cukup jauh dari perpusda bisa mengakses layanan perpusdes.

Tahun 2020 ini, Disperpuska bahkan mentargetkan bisa memfasilitasi dan mendukung terbentuknya 15 Perpusdes. Di mana minimal ada tambahan satu perpusdes di setiap kecamatan.

"Kami upayakan bisa membentuk 15 Perpusdes baru lagi. Minimal tahun ini setiap kecamatan bisa melahirkan perpusdes baru. Sehingga masyarakat sekitar bisa memanfaatkan perpusdes untuk berbagai kegiatan literasi dan layanan peminjaman buku," terang Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat N Fadilah, Kamis (27/2/2020).

Dijelaskan, hingga saat ini, total sudah ada 44 Perpusdes yang beroperasi di Batang, baik dari dukungan Pemda, dana desa, maupun program CSR dari PT Bhimasena Power Indonesia. Ke depan, pihaknya berharap ada program CSR perusahaan lainnya yang bisa turut mendukung kegiatan pembentukan perpusdes.

"Kami sangat apresiasi program CSR dari perusahaan yang bisa turut mendukung budaya literasi masyarakat. Kami harap ke depan langkah PT BPI ini juga bisa ditiru oleh perusahaan lainnya. Dan kami harap ke depannya banyak CSR yang bisa membantu dalam pembenahan Perpusdes," imbuhnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: