Menangkap Peluang, Mencegah Lekang

Menangkap Peluang, Mencegah Lekang

Dr. Wihaji M.Pd

BATANG - Salah satu tugas berat seorang pemimpin adalah bagaimana membangun dan mewujudkan sebuah visi. Sebab, kapasitas tersebut mengandaikan kemampuan pemimpin untuk menerawang jauh ke depan, mendahului zamannya. Menangkap peluang kini dan nanti, agar tak dilekang zaman.

Prinsip itu pula yang sepertinya melatari lahirnya sejumlah program kebijakan yang disusung Bupati Batang, Wihaji, bersama wakilnya, Suyono. Dengan daya dukung yang lebih dari cukup, Wihaji ingin menangkap peluang kemajuan Batang melalui dua sektor andalan, yakni pariwisata dan industri. Tak heran, dia pun fokus membangun city branding, menularkan daya imajinatif tentang masa depan Batang sebagai kota industri dan wisata.

"Insya Allah, dalam beberapa tahun ke depan, perubahan itu akan terlihat, Batang bermetamorfosa menjadi kota industri dan wisata. Saat ini, Pemkab masih bekerja keras menyiapkan berbagai perangkat pendukungnya, termasuk Perda RTRW nya. Begitu RTRW disahkan, perubahan itu akan mengalami percepatan," ungkap Wihaji, belum lama ini.

Dia pun menginsafi, visi besarnya yang diterjemahkan dalam sejumlah program kebijakan mungkin tidak selamanya populer. Tetapi Wihaji terus meyakinkan masyarakat, bahwa perubahan itu sedang dijemput dengan kerja keras dan kerja cerdas.

"Ya karena visi kan bukan untuk dirasakan dampaknya saat ini, tetapi nanti. Makanya, kami selalu mengajak masyarakat Batang untuk bersiap, menyongsong Batang sebagai kota industri dan wisata, agar kita tak sekadar jadi penonton di daerah sendiri, tetapi menjadi aktor di tlatah kita sendiri. Kita ingin melihat Batang maju, yang kemajuannya itu memberkahi masyarakatnya," terangnya. (sef/fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: