37 SD Negeri Minim Murid

37 SD Negeri Minim Murid

KARANGANYAR - Puluhan sekolah dasar (SD) negeri di Kabupaten Pekalongan minim murid. Satu kelas ada yang hanya punya 5 murid. Bahkan satu sekolah negeri telah ditutup karena tidak ada peminatnya.

Salah satu sekolah dasar negeri yang kekurangan murid ialah SDN 03 Pedawang di Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar. Radar pun berusaha menelusuri keberadaan SD ini, kemarin. SD ini berada di tengah perkebunan karet. Tak jauh dari pabrik PTPN Belimbing. Namun sekolah ini cukup jauh dari pemukiman penduduk.

Warningsih, guru kelas 6, mengatakan, pada tahun ajaran baru 2022/2023 ini hanya ada lima murid baru untuk kelas 1. Padahal pihak sekolah sudah berusaha maksimal untuk mencari murid. Bahkan upaya door to door ke rumah warga dilakukan.

Sekolah ini dari tahun ke tahun memang kesulitan mencari murid. Faktornya, anak usia sekolah di sekitar sekolahan ini jarang. Sekolah pun jauh dari pemukiman penduduk.

"Tiap tahun muridnya sedikit. Murid baru tidak ada 10 anak," kata dia.

Ia sendiri mengaku kaget saat pertama ditugaskan di sekolah ini pada tahun 2007. "Saya dulu masuk sini juga kaget. Saya masuk sini tahun 2007. Muridnya sedikit. Total dari kelas 1 hingga kelas 6 hanya 60 anak. Rata-rata dalam satu kelas 10," ungkap dia yang sebelumnya mengajar di salah satu SD di Kecamatan Siwalan.

Disinggung penyebab SDN 03 Pedawang minim murid, ia menyebut sekolahan itu jauh dari pemukiman. Sekolah berada di tengah perkebunan karet. "Untuk dapat murid di atas 60 itu susah.

Tiap tahun jumlah murid menyusut. Tahun kemarin meluluskan anak kelas 6 ada 16. Untuk dapat murid baru 16 sekarang susah. Tahun kemarin kelas 1 ada 6, tahun ini murid baru 5 anak," ungkapnya.

Meskipun murid sedikit, tenaga pendidik dan kependidikan di SD ini tetap semangat bekerja. Apalagi saat ini ada tambahan guru baru P3K. "Mudah-mudahan dengan bertambahnya guru baru tambah tahun, tambah tahun, bisa lebih baik lagi. Tambah semangat lah," ujar dia.

Disebutkan, SDN 03 Pedawang awalnya hanya miliki 4 guru PNS. Itu pun dengan kepala sekolah. Guru kelas ada 2, guru PAI 1, dan seorang kepala sekolah.
"Alhamdulillah sekarang ada tambahan guru kelas P3K tiga. Jadi total PNS ada 7. Masih kurang guru si," katanya.

Anak-anak yang bersekolah di SDN 03 Pedawang kebanyakan berasal dari lingkungan PTPN Belimbing. Di PTPN Belimbing, kata dia, hanya ada beberapa kepala keluarga saja. Balitanya juga sedikit.

"Kemarin ke rumah wali murid sekalian survei anak, balita hanya ada dua di lingkungan sini. Anak usia sekolahnya sedikit. Jadi untuk dapat siswa baru ini sulit. Dapat lima murid baru saja susah. Bolak balik ke rumah wali murid. Door to door cari murid.
Pemukiman terdekat 1 km," kata dia.

Sekolah itu dibangun di atas lahan milik PTPN Belimbing. Listrik dan air disuplai dari PTPN Belimbing.

"Dulu PTP masih banyak anak-anak. Sekarang orang tua pindah tugas, anak-anaknya ikut pindah jadi tambah sedikit," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: