39 Laptop SMK Kandeman Hilang Digondol Maling

39 Laptop SMK Kandeman Hilang Digondol Maling

BATANG - SMK Negeri 1 Kandeman Batang yang lokasinya di tepi jalur Pantura, Selasa pekan lalu disatroni oleh kawanan pencuri. Pada aksi yang terekam cctv tersebut, paleku berhasil menggondol 32 unit laptop dan juga barang-barang elektronik lainnya.

Aksi kawanan pelaku pembobol SMK Kandeman terekam cctv. (Dok FB Trie)

Berdasarkan hasil rekaman cctv, para pelaku diperkirakan beraksi sekitar pukul 3.57 wib dini hari. Pada tekanan terlihat 2 orang pencuri bertopeng yang dengan leluasa memasuki 3 ruangan yang biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang elektronik milik sekolah. Yaitu ruangan Tata Usaha (TU), ruang Wakil Kepala Sekolah dan ruang Guru.

Pada aksinya itu, para pelaku yang diperkirakan berjumlah lebih dari 2 orang berhasil menggasak 32 unit laptop. Selain itu, juga 5 unit Lcd baru, 2 unit Lcd lama, 2 unit Voice recorder, 1 Camdic, 2 Tablet 2 Scanner dan 3 unit Komputer pc.

Kepala SMK Negeri Kandeman, Suyanta didampingi Sunaryo selaku Humas mengungkapkan, pasca terjadinya aksi pencurian tersebut, pihaknya langsung melaporkan kepada pihak kepolisian. Selain itu, kejadian tersebut juga telah dilaporkan ke provinsi maupun pusat.

Ironisnya, sebelum kasus pencurian ini terjadi, pihak sekolah berencana meminta bantuan kepada orang tua siswa melalui komite sekolah, guna penambahan laptop untuk kegiatan try out maupun UNBK siswa. Pasalnya, pihak sekolah selama ini kekurangan laptop, dikarenakan jumlah siswa yang tak sebanding dengam jumlah peralatan yang ada.

Namun naas, sebelum penarikan sumbangan dilakukan, ternyata laptop yang sudah dimiliki sekolah ternyata hilang digondol maling. Akibatnya, kini pihak sekolahpun kekurangan laptop untuk menunjang kegiatan belajar mengajar ataupun guna menggelar try out maupun UNBK.

Bahkan akibat aksi pencurian itu sempat terjadi Miss informasi antara siswa dengan pihak sekolah, hingga sejumlah siswa sempat melakukan aksi demo menolak iuran tersebut.

Terpisah, Kapolsek Tulis AKP Gumono didampingi Kanit Reskrim Ipda Eko ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan kejadian tersebut. Dijelaskan Kapolsek, pihaknya sudah melakukan olah tkp pasca kejadian dan mengumpulkan informasi dari para saksi serta mengumpulkan barang bukti di TKP.

"Dari hasil olah TKP dan penyelidikan, petugas menemukan 2 buah linggis yang diduga milik pelaku dan tertinggal disekitar lokasi kejadian," tandas Kapolsek. (red/FB Trie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: