Cegah Narkoba, STIEM Screening Mahasiswa

Cegah Narkoba, STIEM Screening Mahasiswa

KOTA - STIE Muhammadiyah Pekalongan bersama Kesbangpol Kota Pekalongan melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada para mahasiswa STIE Muhammadiyah semester 2 di Kampus 2 STIE Muhammadiyah Pekalongan, Sabtu (16/3).

SOSIALIASI - Para mahasiswa STIE Muhammadiyah Pekalongan mengikuti sosialisasi bahaya narkoba yang digelar Kesbangpol Kota Pekalongan. MALEKHA

Kegiatan sosialisasi itu menurut Ketua STIE Muhammadiyah Pekalongan, Sobrotul Imtikhanah, menjadi komitmen dari STIE Muhammadiyah untuk menjadi kampus bebas narkoba. Sebelumnya, mereka juga sudah melakukan screening secara random kepada para mahasiswa semster 4 dan dinyatakan bebas narkoba.

"Kami melakukannya secara bertahap ya. Sebelumnya ada screening tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada mahasiswa, dan alhamdulillah kami bangga STIE Muhammadiyah Pekalongan dinyatakan bebas narkoba," terang Imtikhanah.

Menurut Sobrotul, sosialisasi tersebut menjadi bekal bagi mahasiswa memahami apa saja yang dikatagorikan sebagai narkoba, zat-zat adiktif, dan bahayanya bagi tubuh jika dikonsumsi.

"Karena zat aditcive itu kan ada yang dijual bebas di apotik, tujuannya buat obat. Namun kalau disalahgunakan bisa jadi dampaknya seperti narkoba. Nah, itu yang harus kita tekankan pada mereka tentang bahaya mengkonsumsinya," jelasnya.

Diapun megimbau para mahasiswa untuk memghindari bahaya narkoba. Barang haram itu menurutnya berdampak buruk bagi kesehatan dan masa depan.

"Kami berharap, mahasiswa bisa menjadi duta-duta anti narkoba yang bisa melakukan edukasi bahaya narkoba, tidak hanya di lingkungan kampus, namun juga keluaraga dan masyarakat sekitar," pungkasnya. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: