5 Tips Memilih Roller Blind yang Tepat untuk Rumah

5 Tips Memilih Roller Blind yang Tepat untuk Rumah

Guna meningkatkan estetika suatu hunian, pastinya ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah bagian jendela. Aspek ini jadi bagian rumah yang sangat penting karena merupakan tempat masuknya udara alami dari luar sekaligus sinar matahari. Sebagai aksesori pelengkapnya, biasanya digunakan tirai atau gorden untuk membuat tampilan jendela semakin menarik.

Jika membicarakan tirai, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tirai gulung atau disebut juga roller blind. Jenis tirai ini memang populer digunakan pada perkantoran. Meski begitu, kini semakin banyak hunian masa kini yang menggunakan jenis tirai ini untuk menambah nuansa modern tanpa menghilangkan kesan minimalis ruangan.

Namun, fungsi dari roller blind sebenarnya tidak hanya sebagai penghalau panasnya paparan cahaya matahari yang berlebihan dan membantu meningkatkan estetika ruangan. Aksesori pada jendela ini juga membantu menjaga privasi aktivitas para penghuni rumah dari luar dan membantu melindungi kualitas furniture di dalam rumah dari terpaan sinar matahari langsung.

Tips Memilih Roller Blind yang Tepat untuk Rumah

Roller blind bisa disebut sebagai tirai jendela minimalis yang dibuat dari bahan dasar kain. Tirai ini dapat dibuka dan ditutup dengan menggunakan sistem. Roller blind sering kali digunakan sebagai penutup jendela untuk menggantikan gorden untuk menghadirkan nuansa ruangan yang lebih modern, praktis, dan simpel. Selain pemasangannya yang lebih mudah dan relatif lebih cepat, harga dari roller blind ternyata jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan gorden.

Sekarang, mendapatkan roller blind untuk rumah tak lagi jadi hal yang sulit, terlebih jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta. Sebab, jual roller blind murah Jakarta sekarang telah lebih banyak dan mudah dijumpai, baik pembelian secara offline maupun online di marketplace. Namun, pastikan Anda memilih roller blind yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Agar tidak salah dalam membeli, berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli roller blind:

  1. Tentukan terlebih dahulu sistem pengoperasian roller blind

Jika dilihat dari bagaimana cara pengoperasiannya, Anda bisa menemukan roller blind yang dioperasikan secara manual dan menggunakan motor atau mesin yang disebut dengan roller blind otomatis. Roller blind yang dioperasikan secara manual lebih pas untuk jendela yang berukuran kecil dan sedang.

Sementara itu, roller blind dengan mesin atau motor lebih tepat digunakan untuk jendela yang memiliki ukuran lebih besar. Roller blind dengan motor sendiri dioperasikan secara otomatis cukup dengan menekan tombol pada remote control. Selanjutnya, roller blind akan turun dan menutup bingkai jendela.

  1. Pilih ruangan yang hendak dipasang roller blind

Tips berikutnya adalah memilih ruangan yang hendak dipasang roller blind. Sebenarnya, roller blind tidak selalu harus dipasang di semua jendela pada setiap ruangan. Inilah mengapa, Anda perlu memutuskan ruangan mana yang hendak dipasang roller blind. Pertimbangkan ruangan yang paling banyak terpapar cahaya matahari, terlebih pada siang hari atau jendela ruangan yang memiliki ukuran lebih lebar.

  1. Tentukan bentuk dan bahannya

Seperti namanya, roller blind merupakan tirai jendela yang dapat ditarik ke arah bawah, lalu menggulung ke atas layaknya roll. Namun, Anda juga bisa pertimbangkan bentuk lain seperti vertikal dan horizontal blind. Vertical blind hadir dengan tampilan garis tegak lurus, sedangkan horizontal blind memiliki garis-garis yang mendatar. Jadi, Anda bisa memilih bentuknya sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, bahan paling umum yang digunakan untuk roller blind adalah vynil. Namun, sekarang roller blind juga ditemui dari bahan kain. Sebenarnya, apa saja bahan yang Anda pilih pastikan saja telah sesuai dengan keseluruhan konsep ruangan yang hendak dipasang roller blind.

Misalnya, blind yang terbuat dari bahan vynil lebih pas dipasang pada area kamar mandi atau dapur, sedangkan blind yang terbuat dari kain yang memiliki serat akan terlihat menarik dan estetik jika dipasang pada kamar tidur.

  1. Sesuaikan dengan dekorasi ruang

Pastinya Anda tidak mau merusak estetika maupun dekorasi hunian dengan memakai roller blind yang kurang tepat, bukan? Inilah mengapa, pertimbangkan pula dekorasi ruang ketika Anda hendak membeli roller blind. Contoh paling sederhana, rumah yang mengusung konsep kontemporer dengan balutan minimalis akan lebih tepat memakai roller blind minimalis yang berwarna putih.

  1. Sesuaikan dengan bujet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: