578 Siswa Ramaikan Lomba Kreativitas

578 Siswa Ramaikan Lomba Kreativitas

*Korwil Pendidikan Kesesi

PEMBUKAAN - Pembukaan Lomba Kreativitas dan Pembentukan Karakter Kecamatan Kesesi di SD Negeri 01 Jagung, Kamis (17/10).

KESESI - Jelang pelaksanaan Lomba Kreativitas dan Pembentukan Karakter (KPK) tingkat Kabupaten Pekalongan, Korwil Pendidikan Kecamatan Kesesi melalui koordinasi Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD, menggelar seleksi di tingkat Kecamatan, Kamis (17/10). Sebanyak 578 siswa perwakilan tingkat rendah (kelas I, II, dan III) dari 42 sekolah turut bersaing memperebutkan juara dari 11 cabang yang dilombakan.

Bertempat di SD Negeri 01 dan 02 Jagung, Ketua K3S Kecamatan Kesesi, sekaligus selaku penanggungjawab kegiatan, Karmidi menuturkan bahwa Lomba Kreativitas dan Pembentukan Karakter ini menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan di lingkungan pendidikan SD se Kabupaten Pekalongan. "Seperti namanya, lomba ini bertujuan untuk menggali kreativitas dan menanamkan karakter siswa sehingga kepesertaannya adalah para siswa di kelas rendah yaitu kelas I, II, dan III," ujarnya.

Terdapat 11 cabang kejuaraan yang diperebutkan diantaranya Lomba Berbagi Cerita, Menyimak, Menulis Halus, Dikte, Mencongak, Deklamasi, Hafalan Surat Pendek, Melipat dan Membentuk, Menulis Huruf Jawa, serta Paduan Suara.

Sementara itu, Camat Kesesi, Ajid Suryo Pratondo berharap agar dalam kegiatan yang mengusung tema "Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, dan Gotong Royong" ini, dapat benar-benar terealisasi dalam karakter yang dimiliki oleh para siswa di Kecamatan Kesesi. "Alhamdulillah semangat yang dimiliki oleh bapak/ibu guru di Kecamatan Kesesi ini sangat baik, semoga semangat ini juga tertular kepada anak-anak sehingga mereka memiliki karakter yang kuat, percaya diri, dan tentunya juga santun," jelasnya.

Menjadi pembeda dengan kegiatan di tempat lain, gelaran Lomba Kreativitas dan Pembentukan Karakter tingkat Kecamatan Kesesi ini diawali dengan karnaval atau parade peserta yang dilaksanakan dengan berkeliling di lingkungan sekitar lomba. "Selain untuk menambah semarak, kegiatan parade ini juga diharapkan mampu menjadi penyemangat bagi setiap sekolah yang mengirimkan wakilnya sekaligus menambah kepercayaan diri siswa," ujar Pak Karmidi, sapaannya.

Tak berhenti di tingkat kecamatan, para siswa yang meraih Juara I pada setiap cabang lomba juga akan melaju ke tingkat Kabupaten Pekalongan pada tanggal 20 November 2019 mendatang. "Pesan kami, jangan jadikan kompetisi ini sebagai ajang menang kalah, tapi jadikan sebagai sarana untuk melatih kepercayaan diri, melatih mental, serta kreativitas. Apapun hasilnya nanti, yang terpenting adalah upayakan yang terbaik," pungkasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: