Ada Insiden, Pesta Siaga Tanpa Taman Panahan

Ada Insiden, Pesta Siaga Tanpa Taman Panahan

SIWALAN - Gelaran Pesta Siaga Kwartir Ranting (Kwarran) Siwalan yang dilangsungkan di SD Negeri Rembun, Sabtu (9/2) berlangsung meriah. Meski harus memangkas satu taman lomba ketangkasan yakni panahan, namun tetap tidak mengurangi kemeriahan acara yang diikuti oleh 540 peserta ini. Para peserta terdiri dari masing-masing 20 peserta putra dan putri yang berasal dari 27 Gugus Depan (Gudep) SD/MI se Kecamatan Siwalan.

SIAGA - Kegiatan para peserta pesta siaga Kwartir Ranting (Kwaraan) Siwalan, Sabtu (9/2). EKA ISDITYA

Demikian diungkapkan panitia kegiatan sekaligus anggota Kwartir Ranting (Kwarran) Siwalan, Sumarsih SPd. "Alhamdulillah acara berlangsung dengan sangat meriah sesuai dengan tujuan kami yaitu ingin mengajak para peserta siaga bergembira," ujarnya.

Pihaknya turut mengikuti instruksi dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pekalongan untuk memangkas satu cabang taman ketangkasan panahan karena satu insiden terdahulu.

Sesuai dengan petujuk teknis pelaksanaan Pesta Siaga tahun 2019, terdapat beberapa taman yang turut memeriahkan gelaran pramuka tahunan di Kecamatan Siwalan ini, diantaranya taman keagamaan, ketangkasan bola basket, seni budaya, daya ingat, Peraturan Baris Berbaris (PBB), membaca peta buta, tali temali, hingga bumbung kemanusiaan. Tiap-tiap barung dalam kegiatan yang mengusung tema "Pramuka Siaga Gembira, Kreatif, dan Bersahaabat" ini juga telah mempersiapkan ajang tersebut sejak jauh-jauh hari sehingga dapat tampil dengan maksimal.

Usai gelaran seleksi pesta siaga di tingkat Kecamatan Siwalan ini, pihaknya bersiap membawa wakilnya untuk melaju ke tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pekalongan yang akan dilangsungkan di Kecamatan Tirto pada 23 Februari 2019 mendatang. Tak hanya itu, pihaknya juga berharap agar dengan kegiatan pesta siaga ini dapat lebih meningkatkan semangat para siswa untuk menjiwai Dwi Dharma Pramuka.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan Pesta Siaga ini dapat meningkatkan kreatifitas dan menumbuhkembangkan jiwa sosial, serta anak-anak bisa menjadi siaga yang selalu riang gembira dan berkarakter," pungkasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: