Cegah Rabies, Hewan Divaksin Gratis

Cegah Rabies, Hewan Divaksin Gratis

KAJEN - Untuk mencegah penularan penyakit rabies utamanya hewan peliharaan ke manusia, Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan menggelar vaksinasi rabies secara gratis kepada hewan peliharaan. Vaksinasi digelar di Kantor DKPP selama dua hari yakni dari 27 hingga 28 Oktober 2021.

Kegiatan vaksinasi gratis tersebut ternyata diminati banyak masyarakat Kabupaten Pekalongan. Pemilik hewan kesayangan berdatangan untuk memvaksinkan hewannya di Puskeswan.

Pantauan Radar, hingga pukul 10.00 WIB sejak dibuka pelayanan vaksinasi rabies gratis pukul 09.00 WIB, sudah ada puluhan orang pemilik hewan yang mengantre memvaksin hewan kesayangannya. Diantara merea bahkan membawa lebih dari 1 ekor hewan kesayangannya untuk divaksin rabies.

Vaksin rabies dapat diberikan ke hewan peliharaan, bukan hanya anjing dan kucing, namun kera, monyet, dan juga musang.

Petugas vaksinasi DKPP Kabupaten Pekalongan, drh, Mutasim billah menyampaikan sasaran vaksin rabies ini untuk hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera, monyet hingga kuda yang telah berumur 3 bulan ke atas.

Menurutnya, vaksinasi rabies bertujuan untuk mencegah hewan peliharaan dan menjaga serta melindungi Indonesia dari penyakit rabies serta menumbuhkan kesadaran pemilik untuk memvaksin hewan peliharaannya setiap tahun.

"Vaksinasi ini dilakukan demi menjaga serta melindungi Indonesia dari penyakit rabies, khususnya Kabupaten Pekalongan. Selain itu, kami juga ingin menambahkan kesadaran pemilik hewan peliharaan untuk rutin menjalankan vaksin tiap tahunnya agar hewan kesayangan juga tetap sehat bugar dan aktif, "ucapnya.

Dikatakan, vaksinasi juga dalam rangka memperingati hari rabies sedunia yang jatuh pada 28 September yang lalu.

"Sebenarnya kita akan melakukan vaksinasi ini tepat pada hari rabies seduni, namun karena ada kendala dan kesibukan makanya kami adakan pada hari ini (Rabu 27-10/2021)," terangnya.

Dijelaskan Mutasim, secara kesehatan penyakit rabies termasuk penyakit yang berbahaya, dengan tingkat kematian yang sangat tinggi jika tanpa penanganan yang benar akan menimbulkan kematian.

"Manusia tertular penyakit rabies ini dari gigitan hewan peliharaan, dan biasanya hewan peliharaan terkena rabies dari gigitan hewan lain yang terkena penyakit rabies," terangnya.
Ia menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan agar secara rutin melakukan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaannya untuk pencegahan.

"Karena penyakit rabies ini tidak bisa diobati tapi bisa dicegah, salah satunya dengan vaksinasi,"paparnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: