Quality Time: Pengertian, Konsep, dan Manfaatnya dalam sebuah Hubungan dan Peningkatan Kualitas Hidup

Quality Time: Pengertian, Konsep, dan Manfaatnya dalam sebuah Hubungan dan Peningkatan Kualitas Hidup

Ilustrasi Contoh Bentuk Quality Time, Apa Itu Quality Time?--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Apa Itu Quality Time? Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian, konsep, dan manfaat Quality Time.

Quality time dalam pengertian secara harfiah berarti waktu berkualitas. Dalam pengertian lebih detail, quality time merupakan istilah yang mengacu pada waktu yang dihabiskan bersama dengan seseorang atau dalam suatu aktivitas yang berkualitas dan dengan penuh perhatian.

Di dalam quality time melibatkan komunikasi yang efektif, rasa empati, dan rasa kebersamaan yang kuat. Ini bukan hanya tentang berada dalam satu tempat secara fisik, tetapi juga tentang terhubung secara emosional dan menghargai saat-saat bersama.

Bentuk sederhana quality time bisa terlihat dari hal-hal seperti, fokus tidak melakukan kegiatan lain saat sedang bersama seseorang atau ketka sedang melakukan sesuatu.

Anda sepenuhnya fokus pada momen tersebut tanpa terganggu oleh hal-hal lain, seperti pekerjaan ataupun perangkat elektronik. Dengan kata lain, waktu yang dihabiskan untuk quality time memiliki makna dan kualitas yang lebih berharga daripada waktu yang diisi dengan kegiatan rutin.

BACA JUGA:Pentingnya Me Time bagi Ibu Bekerja: Cara Menyeimbangkan Peran sebagai Ibu Rumah Tangga Sekaligus Wanita Karir

BACA JUGA:Bikin Nyaman! Begini Cara Me Time di Rumah yang Wajib Dicoba

Konsep quality time ini menjadi penting, apalagi di era yang serba sibuk seperti sekarang. Waktu yang berkualitas menjadi sebuah moment spesial yang sangat berharga.

Berikut manfaat quality time dalam kehidupan sehari-hari:

1. Meningkatkan Hubungan

Salah satu manfaat utama dari quality time adalah meningkatkan hubungan dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Ketika Anda menghabiskan waktu dengan seseorang dengan sepenuh hati, Anda dapat memperkuat ikatan emosional dan saling memahami dengan lebih baik. Ini berlaku baik untuk hubungan keluarga, persahabatan, atau hubungan asmara.

2. Mengurangi Stres

Quality time dapat membantu mengurangi stres. Saat Anda fokus pada aktivitas yang Anda nikmati atau berada dalam kehadiran orang yang Anda cintai, tubuh Anda melepaskan hormon-hormon positif yang dapat meredakan stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: