Sayur Mall Batang, Belanja Produk Pertanian Cukup Klik

Kamis 30-07-2020,16:40 WIB

BAWANG - Kecamatan Bawang menjadi salah satu penghasil produk pertanian berkualitas di Batang. Kini, aneka sayur dan hasil pertanian lain dari Bawang pun bisa dibeli dengan mudah. Hanya dengan klik, hasil pertanian dari Kecamatan Bawang ini bisa dibeli melalui melalui Sayur Mall Batang (Sambat).

Sambat sendiri merupakan inovasi yang dikerjakan oleh petani Bawang bersama mahasiswa KKN dari IPB Bogor. Sambat ini pun telah dilaunching, Selasa Sore (28/7/2020) yang dihadiri oleh Kepala Dispaperta Batang,

Nantinya sayuran ini dijual secara online, dengan memesan melalui aplikasi what's app. Setelah melakukan transaksi nantinya produk akan diantar ke tempat pembeli.

"Program ini kerja sama dengan program kerja mahasiswa IPB Bogor. Kami harap kerja sama ini bisa memasarkan produk petani Bawang secara luas. Sementara kami memang masih fokus ke Batang sendiri. Tapi tidak menutup kemungkinan semakin meluas ke depannya," jelas perwakilan petani, Ali Maftukhin.

Pihaknya juga akan berusaha meningkatkan kualitas produk, sehingga masyarakat bisa mendapatkan hasil pertanian yang berkualitas.

Kepala Dispaperta Batang, Heru Susilo menjelaskan, dengan inovasi ini, petani Kecamatan Bwang sudah mulai maju dalam pola pikirnya. Meski saat ini masih didampingi mahasiswa KKN IPB, ia berharap inovasi ini mampu mengembangkan teknologi pertanian di Bawang. Selain itu, petani nantinya bisa menjual hasil panennya dengan harga lebih baik. "Kegiatan ini insya Allah akan kami kembangkan ke kecamatan-kecamatan lain," tukasnya.

Camat Bawang, Yarsono, turut mengapresiasi kerja sama yang dilakukan dengan mahasiswa IPB Bogor. Menurutnya, kegiatan jual beli online Sambat ini cocok dalam situasi pandemi saat ini.

"Kegiatan ini merupakan kreatifitas Tim KKN IPB dengan para petani Kecamatan Bawang dan ini merupakan pertama di Kecamatan Bawang. Kami sangat apresiasi, kami berharap ke depannya bisa semakin memajukan petani Bawang," pungkasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait