Mengenang Aksi Heroik Damkar Kota Pekalongan, Evakuasi 9 Orang dari Dalam Ruko yang Terbakar

Rabu 01-03-2023,11:22 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat

 

KOTA - Tanggal 1 Maret diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Indonesia. Pada 1 Maret 2023 ini, Damkar Indonesia genap berusia 104 tahun.

 

Bicara tentang petugas Pemadam Kebakaran di Kota Pekalongan, atau yang kini bernama Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau Damkarmat, di bawah Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Satpol P3KP), tentunya tak bisa dilepaskan dari berbagai aksi penuh risiko dan aksi heroik mereka dalam menjalankan tugas.

 

Sebagaimana diketahui, selain melakukan pemadaman kebakaran, petugas Damkarmat juga memberikan pelayanan evakuasi dan penyelamatan. Misalnya penyelamatan terhadap hewan (animal rescue) seperti evakuasi kucing yang terjebak di rumah kosong, adanya ular yang masuk rumah warga, evakuasi sarang tawon, dan evakuasi lainnya seperti evakuasi pelepasan cincin, pohon tumbang, evakuasi korban kecelakaan lalu lintas, penyelamatan kecelakaan di air (water rescue) dan sebagainya. 

 

Salah satu aksi heroik petugas Damkarmat Satpol P3KP Kota Pekalongan yang masih terus diingat adalah sewaktu melakukan pemadaman kebakaran terhadap sebuah ruko di Jalan KHM Mansyur, Kota Pekalongan, pada Rabu, 29 Juli 2020 silam.

 

Saat itu, sekira pukul 02.30, petugas Damkarmat menerima laporan sebuah ruko di lokasi tersebut, tepatnya di sebelah utara perlintasan KA Bendan, terbakar.

 

Dengan mengerahkan dua unit mobil damkar berkapasitas 3.000 liter dan 6.000 liter, regu piket Damkarmat tiba di lokasi. Api yang membakar ruko tersebut sudah besar.

 

Petugas Damkarmat cukup kesulitan memadamkan api di dalam ruko karena pintu baja ruko terkunci dan sulit dibuka. 

 

Kategori :