Mengenang Aksi Heroik Damkar Kota Pekalongan, Evakuasi 9 Orang dari Dalam Ruko yang Terbakar

Rabu 01-03-2023,11:22 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat

Sementara, berdasar informasi dari warga, disebutkan kalau ada beberapa orang penghuni ruko yang masih terjebak di dalam ruko yang terbakar tersebut. Petugas Damkarmat kemudian berinisiatif membuka paksa pintu baja ruko. Setelah berupaya keras beberapa menit, akhir pintu berhasil dibuka. 

 

Kobaran api akhirnya mulai bisa dijinakkan. Kemudian, beberapa petugas damkarmat masuk ke dalam ruko untuk mencari dan mengevakuasi penghuni yang terjebak di dalam ruko.

 

Upaya tersebut berhasil. Total ada 9 orang ditemukan berada di lantai 2 ruko sudah dalam kondisi lemas. Kesembilan orang itu lalu dievakuasi, dilarikan ke RSUD Bendan untuk mendapat perawatan. Meski kemudian, satu dari sembilan orang itu meninggal dunia ketika sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Namun delapan orang lainnya berhasil selamat.

 

Kepala Satpol P3KP Kota Pekalongan, Sriyana, dalam acara Expose dengan BatikTV, Selasa (28/2/2023), menuturkan selama tahun 2022 Damkarmat Satpol P3KP Kota Pekalongan melakukan pemadaman sebanyak 53 kali. Dsri jumlah tersebut, 38 berlokasi di Kota Pekalongan, sedangkan yang 15 pemadaman berlokasi di Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang.

 

Kemudian, melaksanakan tugas penyelamatan dilakukan secara intens, hampir setiap hari ada laporan atau permohonan dari masyarakat.

"Paling banyak melakukan penyelamatan atau evakuasi sarang tawon, mencapai 130 kali dalam setahun. Lalu banyak pula melakukan evakuasi ular, kurang lebih ada 60 kali dalam setahun kemarin," beber Sriyana.

 

Sriyana menambahkan, di tengah keterbatasan jumlah personel maupun peralatan, petugas Damkarmat Kota Pekalongan punya SOP yakni setelah menerima laporan, paling lambat 15 menit harus sudah sampai di lokasi kejadian. Sehingga, dibutuhkan kecepatan dan ketrampilan dari tiap petugas.

 

Sesampainya di lokasi pun, tiap petugas Damkarmat harus penuh kehati-hatian dan kecermatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Petugas Damkar memang harus bisa mengambil keputusan dengan cepat dan cermat," tandasnya.

 

Selain melakukan tugas-tugas pemadaman kebakaran dan penyelamatan, imbuh Sriyana, Damkarmat juga rutin melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran, inspeksi ke perkantoran, perbankan, dan sebagainya, dan memberikan edukasi ke masyarakat.

Kategori :