Warga Muhammadiyah Dihimbau Menunda Penyembelihan Hewan Kurban, Ini Penyebabnya

Rabu 28-06-2023,12:38 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

BATANG - Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Batang menghimbau warganya untuk menunda penyembelihan hewan kurban.

"Penyembelihan hewan kurban dimulai pada Kamis (29/6). Namun jika ada yang ingin menyembelih, ya tidak apa-apa karena memang sudah bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha," ungkap Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Batang, M. Harto Setiyono usai sholat Idul Adha di kompleks SD Karangasem Utara, Rabu 29 Juni 2023.

Dijelaskan, secara hukum syariat Islam, hari ini  hingga tiga hari ke depan sudah boleh menyembelih hewan kurban. Namun karena tahun ini ada perbedaan hari raya, maka warga Muhammadiyah diimbau untuk menunda penyembelihan hewan kurban.

"Namun hal itu tetap menyesuaikan kondisi, sebab apabila ada warga Muhammadiyah yang tetap menyembelih hari ini pun tidak masalah," jelasnya.

Harto Setiyono menegaskan, pihaknya memandang perbedaan penetapan jatuhnya hari raya itu merupakan hal yang lumrah, sehingga tidak pernah mempermasalahkannya.

"Hanya saja kita semua membutuhkan toleransi yang tinggi, karena masing-masing mempunyai keyakinan,” lanjutnya.

Sementara itu, pada Rabu pagi ribuan warga Muhammadiyah mengikuti sholat Idul Adha 40 lokasi yang ada di Kabupaten Batang. Dari jumlah tersebut, 8 di antaranya tersebar di Kecamatan Batang, dan diikuti sekitar 5.000 jamaah.

Ketua PD Muhammadiyah sendiri bertindak sebagai imam dan khatib pada ibadah salat Idul Adha di kompleks SD Karangasem Utara Hanh dimulai sekitar  pukul 06.30 WIB.  

Dalam khotbahnya, ia menekankan ibadah kurban memiliki makna filosofi, yang diibaratkan manusia yang mempunyai sifat kehewanan itu dihilangkan dan dijauhkan dari pribadi masing-masing insan. 

Stelah bersih dari sifat kehewanan itu, diharapkan umat Islam diharapkan akan kembali ke jalan Allah, dengan menjalankan perintah-perintah-NYA.

"Ibadah kurban erat kaitannya dengan hubungan sosial kemasyarakatan yang menunjukkan kepedulian terhadap sesama, terutama bagi mereka yang membutuhkan," tandasnya. (*)

Kategori :