Sering Capek Tanpa Alasan, Kamu Bisa Coba 7 Mineral dan Vitamin untuk Badan Lemas dan Nafsu Makan

Rabu 11-10-2023,05:30 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Dony Widyo

Vitamin B membantu menciptakan energi dalam sel, sehingga kekurangan vitamin B membuat tubuh mudah lelah. Tidak hanya membuat tubuh lelah, kekurangan vitamin B-12 juga dapat menyebabkan kekurangan sel darah merah atau anemia.

4. Vitamin C

Vitamin ini juga bertindak sebagai antioksidan untuk melawan paparan radikal bebas. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kelelahan dan kurang nafsu makan.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C melalui buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, jambu biji merah, pepaya, wortel, brokoli, dan labu.

5. Kalsium

Selain mengonsumsi vitamin untuk mengatasi badan lemas, kamu juga perlu memastikan asupan mineral tercukupi, seperti kalsium. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan fungsi kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan rasa lemas dan kesemutan pada tangan atau kaki. Untuk mengembalikan energi, pastikan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dengan sumber makanan sehat seperti keju, yogurt, sereal, kacang polong, susu, kacang almond, tahu.

6. Zat besi

Tidak hanya perlu mengonsumsi vitamin untuk menghindari kelelahan dan rasa kantuk, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan zat besi agar dapat beraktivitas dengan baik.

Zat besi merupakan salah satu mineral penting dalam pembentukan sel darah merah, yang bertugas mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Orang yang kekurangan zat besi sering merasa lesu, lelah, mengantuk, dan sulit fokus. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi sumber makanan tinggi zat besi, seperti daging merah, hati, bayam, lentil, makanan laut, telur, dan cokelat hitam.

BACA JUGA:Dijamin Ampuh dalam 3 Hari! Inilah 3 Vitamin untuk Flu dan Demam

BACA JUGA:Badan Sering Capek, Ini Dia 8 Jenis Mineral dan Vitamin untuk Badan Pegal yang Bisa Kamu Coba

7. Kreatin

Kreatine adalah asam amino yang ditemukan dalam daging merah dan makanan laut. Tubuh menyimpan asam amino ini sebagai fosfokreatin di dalam otot untuk digunakan sebagai cadangan energi.

Menurut situs web Mayo Clinic, suplemen kreatin biasanya dikonsumsi oleh para atlet untuk meningkatkan performa dalam latihan intensitas tinggi dan meningkatkan massa otot.

Kategori :