Cocok Untukmu! Ini Dia 9 Makanan dan Minuman untuk Badan Lemas dan Kelelahan

Kamis 12-10-2023,07:44 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Sebagian besar dari kita melewatkan sarapan demi tidur lebih lama atau memilih pilihan yang tidak sehat seperti bagel, donat, atau camilan berkalori tinggi untuk mengganjal perut.

Untuk mendapatkan tingkat energi yang stabil sepanjang hari, pilihlah sarapan oatmeal atau pilihan gandum utuh seperti pancake gandum, sandwich multigrain, atau quinoa.

Makanan ini memiliki jumlah karbohidrat berkualitas baik yang tinggi yang menyediakan bahan bakar untuk otak dan otot kita, sehingga mereka bekerja secara efisien dan menjadi makanan yang bagus untuk melawan kelelahan.

5. Kacang-kacangan

Kamu bisa memilih biji bunga matahari, kacang Brazil, hazelnut, kemiri atau biji labu. Semua ini merupakan makanan sehat yang dapat melawan kelelahan.

Mereka memberikan nutrisi penting, serat dan dorongan energi untuk tubuh yang lelah. Biji chia telah mendapatkan reputasi sebagai 'makanan pelari' karena membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kinerja fisik.

Sebagian besar kacang-kacangan kaya akan magnesium, kalium dan nutrisi penting lainnya seperti asam lemak omega-3 yang merupakan antioksidan kuat. Ini adalah makanan yang sempurna untuk melawan kelelahan.

6. Protein

Tidak ada yang bisa melawan kelelahan selain protein. Kacang-kacangan, tahu, keju, dan kecambah adalah makanan yang dapat melawan kelelahan. Sebagian besar makanan ini kaya akan magnesium yang membantu memulihkan tingkat energi.

7. Jamur

Jamur adalah sumber energi yang sederhana. Jamur kaya akan protein dan serat serta mengisi kembali nutrisi penting seperti folat dan vitamin B seperti riboflavin, niasin, asam pantotenat, dll.

Mereka mencegah kerusakan pada mitokondria yang merupakan pusat tenaga sel. Jamur juga memerangi kelelahan dengan memberikan dukungan pada kelenjar adrenal. Jamur dapat dimakan sebagai bagian dari salad, dalam sandwich atau sebagai camilan.

8. Air

Setiap kali kita lelah, kita hampir selalu lupa untuk memperhitungkan dehidrasi. Air membantu tubuh untuk bekerja secara optimal tanpa menambah kalori. Air putih merupakan minuman yang sempurna kapan pun kamu merasa lelah. Minumlah dua liter air sehari untuk menjaga tingkat energi.

9. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan terbaik untuk melawan kelelahan. Kaya akan kalium, vitamin, dan mineral, pisang adalah salah satu sumber energi termurah dan paling mudah didapat di seluruh dunia.

Kategori :