Bikin Seret Rezeki Keluarga? 3 Mitos Menanam Pohon Kelengkeng di Depan Rumah, Wajib Banget Baca Ini

Sabtu 21-10-2023,01:59 WIB
Reporter : Hilman Muhammad
Editor : Akhmad Saefudin

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Sebagian masyarakat masih meyakini terkait mitos menanam pohon kelengkeng di depan rumah. Namun sayangnya, tak banyak yang berupaya mengecek kebenaran mitos ini dengan fakta-fakta yang ditemukan.

Memang aneh tapi nyata, itulah Indonesia, hehe. Di era modern yang sudah secanggih ini, nyatanya masih ada sebagian orang yang percaya pada cerita mitos.

Tentu, tidak ada data akurat yang menjelaskan bahwa cerita mitos benar adanya. Seperti yang kalian tahu, salah satu cerita mitos yang sudah menyebar di masyarakat Indonesia yaitu menanam pohon kelengkeng di depan rumah.

Ada yang beranggapan, menanam pohon kelengkeng di depan rumah dapat menyebabkan rezeki seret atau susah mendapatkan keberuntungan.

Ini merupakan kepercayaan yang sudah erat, sama halnya kebiasaan yang susah untuk dihilangkan. Akan tetapi, cerita mitos jika tidak disandingkan oleh data ilmiah, cerita ini bisa dikatakan tidak benar terjadi. 

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas! 7 Tanaman dalam Pot di Ruang Kerja, Sejukan Suasana dalam Ruangan Cocok untuk Pemula

Jika kalian masih penarasaran dengan mitos menanam pohon kelengkeng di depan rumah, yuk ikuti penjelasan ini. 

Mitos Menanam Pohon Kelengkeng di Depan Rumah

1. Asal Usul Mitos Pohon Kelengkeng

Kalian tahu, bahwa pohon kelengkeng merupakan salah satu jenis pohon buah tropis berasal dari Asia Tenggara.

Pohon ini seringkali dibudidaya, sebab banyak orang yang menyukai buah kelengkeng ini. Tinggai pohonnya bisa mencapai 10 hingga 15 meter di atas permukaan tanah dengan bentuk batang tegak lurus dan bercabang.

Untuk buah kelengkeng, mirip seperti leci. Meskipun mirip, perbedaan yang menonjol kalau buah kelengkeng berkulit tebal dan keras.

Ternyata, pohon kelengkeng juga dikenal pohon yang dapat hidup hingga 200 tahun, walaupun sebagian buah kelengkeng itu dipanen sebelum mencapai usianya.

Asal muasal terjadi mitos menanam pohon kelengkeng di depan rumah, konon masyarakat dahulu mempercayai pohon kelengkeng memiliki kekuatan ghaib.

Bahkan, dengan menanam pohon kelengkeng depan rumah bisa menangkal energi negatif hingga menangkal roh jahat. 

Kategori :