7 Tips Memilih Buah untuk Diet yang Perlu Kamu Ketahui, Harus Dipastikan Segar dan Matang!

Sabtu 11-11-2023,06:16 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Dony Widyo

2. Perhatikan ukuran dan bentuknya

Untuk berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah dari ukuran dan bentuknya, beberpa buah-buahan yang dipanen saat sudah matang memiliki ukuran dan bentuk yang cukup besar. 

Tidak hanya ukurannya saja, namun bentuknya juga bisa saja mempengaruhi. Bentuk buah yang pada umumnya dan normal biasanya lebih lezat.

Ada beberpa rekomendasi dari para content creator, bahwa kamu bia memilih buah yang bentuknya cenderung bulat, bukan yang terlalu lonjong, atau yang bentuknya cukup lazim itulah yang dipilih.

3. Perhatikan kondisi kebersihan dan kesegaran kulitnya

Kulit buah yang masih segar dan matang sempurna biasanya memiliki tekstur kulit yang cenderung kencang, tidak terlihat keriput, terhindar dari noda apapun, terhindar dari gigiran serangga atau hewan-hewan lainnya.

BACA JUGA:5 Manfaat Makan Sayur untuk Diet, Tidak Hanya Menurunkan Berat Badan Saja, Bikin Kulit Glowing Juga

Sementara yang kualitasnya cukup bagus , biasanya warna kulit buah cenderung lebih berkilau.  

4. Perhatikan bentuk dan jarak duri, rambut ataupun kelopak pada buah

Tips memilih buah untuk diet sehat yang berikutnya adalah dengan memperhatikan kerengganggan duri atau rambut pada buah.

Biasanya buah yang sudah cukup matang, jarak antar duri atau rambut akan cenderung lebih renggang, karena pengaruh dari pembesaran ukuran buah. 

Jadi misal saja saat kamu memilih buah durian, nangka, cempedak, rambutan, dan sebagainya, pilihlah yang jarak antar duri atau rambutnya lumayan renggang, karena itulah yang sudah lebih matang.

BACA JUGA:Cara Buat Salad Sayur yang Enak untuk Diet Sehat dan Rendah Kalori, Berikut 3 Resepnya

Selanjutnya jika kita ingin memilih buah naga, maka pilihlah kelopaknya yang masih tegak berdiri ke atas, dan bukan yang bentuknya seperti sudah layu atau ke bawah.

5. Simak ketukan buah 

Mengecek bunyi buah juga bisa dilakukan untuk memilih tingkat kematangannya. Nah cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetuk atau bahkan mengocok buahnya. 

Kategori :