7 Tips Memilih Buah untuk Diet yang Perlu Kamu Ketahui, Harus Dipastikan Segar dan Matang!

Sabtu 11-11-2023,06:16 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Dony Widyo

Misal pada buah semangka atau melon, jika buah ini diketuk menggunakan jari maka bunyi yang akan dihasilkan jika buah sudah matang adalah seperti teupkan di dada, sementara buah yang belum matang bunyinya cenderung nyaring. 

Ini juga bisa dilakukan pada buah alpukat, namun caranya kali ini dengan mengocok alpukat. Biasanya biji pada buah alpukat yang sudah matang tidak lagi menempel sepenuhnya pada kulit buah, jadi jika digoyangkan akan mengahsilkan geteran dan bunyi biji yang bergerak dan itulah yang biasanya sudah matang.

BACA JUGA:Bikin Jus dari 7 Buah untuk Diet Cepat Kurus seperti yang Kamu Idam-idamkan

6. Rasakan kematang buahnya

Daging buah akan cenderung melunak apabila dia sudah semakin matang. Namun apabila dagingnya masih cukup keras, maka belum benar-benar matang, jadi untuk dikonsumsi pun kamu harus menunggu beberapa hari terlebih dahulu. 

Sementara buah yang terlalu lunak bahkan benyek, biasanya buah itu sudah cukup matang. Jadi akan lebih cepat membusuk dan tidak begitu layak lagi untuk dikonsumsi, sebab bisa saja di dalam buah sudah mulai terdapat beberapa hal seperti larva dan lain-lain.

7. Cium aromanya

Tips terakhir memilih buah untuk diet adalah dengan cara mencium aromanya. Buah yang myang belum matang biasanya aromanya sangat lemah bahkan sampai tidak tercium.

Sementara buah yang matangnya pas akan tercium wangi dan menyegarkan, dan untuk buah yang sudah terlalu matang biasanya akan menghasilkan aroma busuk yang kurang enak di hidung. 

BACA JUGA:7 Snack untuk Diet Rendah Kalori yang Tersedia di Indomaret, Terjangkau dan Enak

Nah jadi itulah beberapa tips memilih buah untuk diet, walaupun sebenarnya bukan hanya untuk diet saja, karena untuk konsumsi sehar-hari ini juga tetap dibutuhkan buah yang segar dan berkualitas. 

Buah-buahan memang cocok dikonsumsi, apalagi saat saat ingin menurunkan berat badan, hal ini karena kandungan seratnya yang cukup tinggi yang akan membantu penurunan berat badan. 

Untuk hasil yang maksimal jika ingin mengonsumsi buah saat diet adalah dengan tetap memebuhi kebutuhan nutrisi harian yang juga berasal dari sumber hewani.(*)

Kategori :