5 Waktu Terbaik untuk Bersedekah dalam Islam, Perbanyaklah Sedekah di Waktu-waktu ini

Sabtu 18-11-2023,16:58 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

Baca juga:Inilah 7 Bentuk Sedekah yang Paling Baik Menurut Al-Qur'an, Amalkan Sekarang Jika Ingin Rezeki Lancar!

Baca lagi:Menurut Al-Qur'an dan Hadist! 5 Keutamaan Bersedekah Bisa Mendatangkan Rezeki Lebih Banyak, Yuk Amalkan

4. Bulan Ramadhan

Sedekah di bulan Ramadhan merupakan amalan yang utama sesuai dengan hadist dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma. Ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar melakukan kebaikan atau dermawan. Kedermawanan yang beliau lakukan lebih lagi di bulan Ramadhan, yaitu ketika Jibril alaihis salam menemui beliau. Jibril alaihis salam datang menemui beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan hingga Al Quran selesai dibacakan untuk Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Apabila Jibril alaihi salam datang menemuinya, tatkala itu beliau adalah orang yang lebih cepat dalam kebaikan dari angin yang berhembus." (HR Bukhari)

Jika tiba bulan Ramadhan, semangatlan untuk bersedekah. Sebab, bersedekah di bulan tersebut lebih berlipat pahalanya seperti seseorang sedekah di jalan Allah. 

5. Hari Jumat

Amalan apapun sangat baik dilakukan di hari Jumat, termasuk sedekah. Hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,"Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jumat. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR Muslim)

Kategori :