7 Makanan yang Membuatmu Panjang Umur, Sehat dan Awet Muda, Ada yang Tertulis di Al-Qur'an

Rabu 29-11-2023,06:29 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Menurut penelitian yang sama, individu yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko 29 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit neurodegeneratif, 19 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dan 17 persen lebih rendah terkena kanker. 

BACA JUGA:Inilah Resep Herbal Anti Capek ala dr Zaidul Akbar, Hanya Menggunakan Cabai Merah dan Kunyit

BACA JUGA:Yuk Beralih ke Minuman Herbal Alami, 5 Ramuan Rempah Berikut Ini Aman untuk Membantu Melancarkan Program Diet

Zaitun sendiri disebutkan sebanyak tujuh kali dalam Al-Qur'an. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya buah ini dalam sejarah perkembangan Islam. 

Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Al-Qur'an menceritakan tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menghasilkan minyak dan bumbu makanan. 

3. Teh Hijau 

Makanan yang membuatmu panjang umur selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-kanker yang bagus untuk tubuh. 

Sebuah penelitian pada tahun 2022 menemukan bahwa quercetin yang terkandung dalam teh hijau dapat menghilangkan sel senescence, yaitu sel yang mampu menurunkan fungsi fisik sehingga dapat berkontribusi dalam menunda proses penuaan. 

Quercetin dapat mengaktifkan gen SIRT1, yaitu gen yang berperan penting dalam umur panjang dan pembatasan kalori, meningkatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki DNA, dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

BACA JUGA:Jarang yang Tahu, Manfaat Jus Timun untuk Kesehatan Tubuh Lansia 60 Tahun

BACA JUGA:Obat Berbagai Penyakit! Inilah 6 Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah untuk Kesehatan, Catat Ya

4. Bawang

Menurut studi Molecules tahun 2022, bawang bombay merupakan salah satu sumber quercetin yang memiliki fungsi protektif terhadap penuaan.  

Sementara itu, berdasarkan uji klinis acak tahun 2021 dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition, mengonsumsi bawang bombay yang kaya akan quercetin dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada manusia. 

5. Biji-bijian utuh 

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan di Circulation pada 2016, orang yang mengonsumsi sekitar 2,4 ons biji-bijian utuh atau setara dengan satu setengah potong roti gandum setiap hari. 

Kategori :