Surat Suara Pileg 2024 Tiba di Gudang KPU Kabupaten Pekalongan

Minggu 03-12-2023,12:10 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

KAJEN - Surat suara DPRD kabupaten, DPRD provinsi dan DPR RI untuk Pileg 2024 telah tiba di gudang logistik KPU Kabupaten Pekalongan, Jumat, 1 Desember 2023. Masing-masing surat suara pileg ini berjumlah 750.778 surat suara.

"Hari ini yang datang surat suara DPRD kabupaten, DPRD provinsi dan DPR RI. Jumlahnya masing-masing 750.778. Itu sesuai dengan kebutuhan, karena DPT kita 734.636 ditambah cadangan 2 persen atau 16.142," kata Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Laelatul Izzah, ditemui disela-sela pantauan distribusi surat suara di gudang KPU Kabupaten Pekalongan.

Disinggung logistik yang belum tiba di KPU Kabupaten Pekalongan, ia menyebut surat suara DPD dan surat suara pasangan presiden dan wakil presiden. Logistik lainnya yang belum tiba ada form-form dan sampul. 

"Target mungkin dalam minggu-minggu ini ya, karena kemarin kita sudah buat kontrak semua tinggal nanti nunggu dari pabriknya saja," kata dia.

Baca juga:Polres Pekalongan Perketat Pengamanan Gudang Penyimpanan Logistik Pemilu 2024

Baca lagi:Logistik Pemilu 2024 Terus Berdatangan di KPU Kabupaten Pekalongan

Menurutnya, jika surat suara sudah tiba semua, proses penyortiran dan pelipatan surat suara diperkirakan akan dilaksanakan pekan depan. "Karena ini waktunya banyak, mungkin akan merekrut sekitar 20 orang lebih, atau bahkan 30 sampai 40. Kita bagi per shift juga untuk pelipatan, sortir sampai pengepakan nanti. Ini kan disesuaikan dengan masa kampanye. Dulu kampanye enam bulan, sekarang kan dua bulan setengah," katanya.

Ia berharap, logistik pemilu bisa clear di pertengahan Desember. Sehingga diharapkan di awal Januari, logistik pemilu sudah bisa didistribusikan. 

Kategori :